Bangun SDM Wonogiri, Bupati Jekek Tuangkan Program Besarnya pada RPJMD 2021-2026

Kompas.com - 06/05/2021, 20:36 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo saat memberikan arahan pada Musrenbang RPJMD Kabupaten Wonogiri Tahun 2021-2026, Kamis (6/5/2021). 
DOK. Humas Pemkab Wonogiri Bupati Wonogiri, Joko Sutopo saat memberikan arahan pada Musrenbang RPJMD Kabupaten Wonogiri Tahun 2021-2026, Kamis (6/5/2021).

KOMPAS.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, pihaknya memiliki program besar pada 2021-2026, yakni membangun sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pola pikir maju.

“SDM yang maju untuk mengembangkan sumber daya alam atau potensi daerah yang sangat beragam untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Wonogiri,” ujarnya.

Dia mengatakan itu saat memberikan arahan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Murenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD) Kabupaten Wonogiri Tahun 2021-2026, Kamis (6/5/2021).

Bupati yang akrab disapa Jekek ini menjelaskan, program besar dalam lima tahun ke depan adalah memperkuat bidang pendidikan, seperti melanjutkan sekolah dan seragam gratis.

Program ini juga akan meningkatkan kesejahteraan guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) dengan memberikan dukungan dana Bantuan Operasional Sekolah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Baca juga: 6 Kali Raih WTP, Pemkab Wonogiri Catat Penurunan Rekomendasi dalam LHP

Selain itu, untuk meningkatkan rasio sarjana dengan jumlah penduduk, bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tetap dilanjutkan.

“Untuk bidang kesehatan, tetap melanjutkan pengelolaan jaminan kesehatan masyarakat baik melalui penerima bantuan iuran dan berobat gratis,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Tak hanya itu, Jekek menyatakan, pihaknya akan memprioritaskan untuk menambah fasilitas kesehatan dengan membangun rumah sakit.

Terkait bidang penyelenggaran jalan, dia mengungkapkan, perlu mempertahankan kualitas dan kuantitas jalan dalam kondisi kondisi baik melalui peningkatan dan pemeliharaan rutin maupun berkala.

Kemudian, di bidang pengelolaan sumber daya air juga perlu mengoptimalkan sumber air dalam maupun permukaan seperti waduk, embung, irigasi, dan pengeboran sumur. Hal ini sebagai upaya mencukupi kebutuhan air bersih 60 liter per keluarga.

Baca juga: Lebaran, Pemkab Wonogiri Tutup Semua Obyek Wisata

“Untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi, diperlukan tata kelola pemerintahan yang terpadu. Untuk itu selama lima tahun kedepan akan dibangun sarana prasarana kantor pemerintah terpadu, dimana master plan sudah disusun pada 2019,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Jekek menjelaskan pula empat misi besar dirinya dan Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno untuk mewujudkan visi Kabupaten Wonogiri yang maju, mandiri dan sejahtera selama lima tahun ke depan.

“Menuju lima tahun ke depan kami Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri terpilih, diberi amanat oleh masyarakat Wonogiri membawa visi mewujudkan Wonogiri yang maju, mandiri dan sejahtera dengan semangat Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri. Visi ini kami jabarkan dalam 4 misi besar,” katanya.

Empat misi besar itu yakni, pertama menjadikan rakyat Wonogiri yang lebih pintar, lebih sehat dan lebih berbudaya. Kedua, percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Larangan Mudik Diubah, Bupati Wonogiri: Kami Fokus Cegah Penularan

Ketiga penguatan kapasitas ekonomi kerakyatan dan membuka lapangan kerja baru untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

Keempat, membangun pemenuhan sarana dan prasarana dasar yang berkualitas dan berwawasan lingkungan guna menunjang pengembangan wilayah di Kabupaten Wonogiri.

Jekek mengatakan visi dan misi kepala daerah tahun 2021-2026 dirancang khusus sebagai keberlanjutan visi dan misi tahun 2016-2021.

Dengan demikian pembangunan berkesinambungan dan dapat menyejahterakan masyarakat Wonogiri.

Jekek menyebut, visi dan misi tahun 2016-2021 sudah diwujudkan diantaranya dalam bentuk pembangunan infrastruktur baik jalan, jembatan, irigasi dan air baku maupun air minum dengan posisi yang baik.

Untuk itu, dalam lima tahun ke depan, pihaknya akan fokus pada pembangunan SDM.

Baca juga: Anggap Warga Sudah Teredukasi Covid-19, Pemkab Wonogiri Longgarkan Kegiatan Ekonomi

Atasi Pandemi dan Pemulihan Ekonomi

Lebih lanjut, Jekek mengatakan, RPJMD tahun 2021-2026 disusun dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Untuk itu, perumusan kebijakan dan program pembangunan daerah Kabupaten Wonogiri selama lima tahun ke depan mewadahi beberapa program dan kegiatan dalam mengatasi pandemi wabah Covid-19.

Tak hanya itu, Pemkab Wonogiri juga memprioritaskan program pemulihan (recovery) baik ekonomi, pendidikan dan kesehatan pasca wabah covid-19.

“Meski di tengah pandemi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memiliki komitmen untuk mengoptimalkan pemulihan perekonomian dengan tetap fokus terhadap isu strategis daerah,” terangnya.

Baca juga: Tak Ditemukan Penularan Covid-19, Dua Sekolah di Wonogiri Kembali Belajar Tatap Muka

Komitmen tersebut, di antaranya program dan kegiatan yang berorientasi produktif, inovatif, dan memiliki manfaat, sehingga diharapkan akan cepat mendorong pertumbuhan ekonomi, inflasi tetap terjaga, dan bisa mengurangi kemiskinan serta pengangguran.

“Apabila ketiga variabel indikator makro tersebut dapat tumbuh dengan baik maka menuju pembangunan sektor-sektor lainnya akan berjalan dengan lancar,” katanya.

Jekek mengatakan, pembangunan daerah saat ini sangat tergantung dengan pendapatan dan pembiayaan daerah yang sebagian besar masih didominasi dana transfer baik dari pemerintah maupun pemerintah provinsi.

Untuk itu, lanjutnya, agar tidak terjebak dalam memproyeksikan belanja, proyeksi pendapatan selama lima tahun ke depan harus dihitung dengan cermat dan hati-hati.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Pemkab Wonogiri Larang Bukber dan Halal Bihalal

Pariwisata dan Smart City

Jekek menambahkan, sektor pariwisata menjadi salah satu andalan untuk mewujudkan kemandirian dengan mengoptimalkan sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Wonogiri.

Untuk itu, mulai tahun ini Pemkab Wonogiri menyiapkan dokumen perencanaan dan penyiapan lahan pembangunan infrastruktur kawasan Waduk Gajah Mungkur yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Momentum ini perlu ditindaklanjuti dengan menata obyek wisata lainnya baik di sekitar Waduk Gajah Mungkur maupun obyek wisata kawasan karst dan sepanjang pantai selatan,” ujarnya.

Bagi Jekek, pembangunan besar kawasan wisata di Kabupaten Wonogiri harus didukung dengan pembangunan kota pintar atau smart city untuk menarik wisatawan baik mancanegara dan domestik.

Baca juga: Bupati Wonogiri Harapkan Revitalisasi Waduk Gajah Mungkur Datangkan Kesejahteraan Masyarakat

Dengan demikian, dibutuhkan pula pembangunan pelayanan publik berbasis elektronik dengan didukung dari sisi kulturnya.

“Sisi kultur itu berupa kebiasaan menciptakan budaya bersih, memiliki kapasitas SDM yang unggul sebagai tuan rumah,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan kondisi daerah yang kondusif serta nyaman dengan menata kembali pengelolaan ruang terbuka hijau baik penataan tanaman dan pedestrian kota.

Terhadap visi, misi dan program itu, Jekek meminta dukungan dari seluruh pihak. Dengan demikian, di masa kepemimpinannya lima tahun ke depan dapat mewujudkan masyarakat Wonogiri yang sejahtera, adil, dan makmur.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Sriyono memberikan apresiasi terkait rancangan program yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

Baca juga: Wujudkan Masyarakat Maju, Bupati dan Wabup Wonogiri Siapkan 7 Program

“Saya secara pribadi dan lembaga kami mengapresiasi bila pemerintah bisa mendapatkan capaian-capaian program yang sudah direncanakan,” katanya.

Untuk mengetahui keberhasilan program yang sudah direncanakan, kata Sriyono, DPRD Kabupaten Wonogiri akan memonitoring dari indikator kerja utama Pemkab Wonogiri.

Tak hanya itu, DPRD Kabupaten Wonogiri mempelajari pula RPJMD dengan meminta tim Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memaparkan dokumen itu ke seluruh komisi.

Setelah mendapatkan pemaparan dari Bappeda, DPRD akan melakukan pendalaman internal yang poin-poin tersebut akan disampaikan kepada Pemkab Wonogiri untuk penyempurnaan RPJMD.

Baca juga: Cerita Petani Milenial Wonogiri Bina 1.500 Petani, Mampu Ekspor Beras ke AS, Eropa, dan Asia

 

Terkini Lainnya
Dorong Kelancaran Arus Mudik dan Balik Lebaran, Pemkab Wonogiri Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di 8 Titik
Dorong Kelancaran Arus Mudik dan Balik Lebaran, Pemkab Wonogiri Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di 8 Titik
Wonogiri Maju
Bupati Wonogiri Paparkan Capaian Prestasi dan Keberhasilan Pembangunan Tahun 2023
Bupati Wonogiri Paparkan Capaian Prestasi dan Keberhasilan Pembangunan Tahun 2023
Wonogiri Maju
Dorong Pembangunan Daerah, Bupati Wonogiri Minta Adanya Integrasi Anggaran Pemda, Provinsi, dan Pusat
Dorong Pembangunan Daerah, Bupati Wonogiri Minta Adanya Integrasi Anggaran Pemda, Provinsi, dan Pusat
Wonogiri Maju
Perbaiki RTLH dan Pembangunan Manusia, Bupati Wonogiri Raih 2 Penghargaan IGA 2023
Perbaiki RTLH dan Pembangunan Manusia, Bupati Wonogiri Raih 2 Penghargaan IGA 2023
Wonogiri Maju
Pemkab Wonogiri Harapkan Gelaran WBC Berikan Multiplier Effect pada Masyarakat
Pemkab Wonogiri Harapkan Gelaran WBC Berikan Multiplier Effect pada Masyarakat
Wonogiri Maju
Bupati Jekek: Pembangunan Demokrasi di Wonogiri Berjalan Kondusif
Bupati Jekek: Pembangunan Demokrasi di Wonogiri Berjalan Kondusif
Wonogiri Maju
Muncul Kabar Pasar Slogohimo Sengaja Dibakar karena Akan Dibangun, Bupati Jekek: Tidak Berdasar
Muncul Kabar Pasar Slogohimo Sengaja Dibakar karena Akan Dibangun, Bupati Jekek: Tidak Berdasar
Wonogiri Maju
Dukung UMKM di Wonogiri Naik Kelas, Jekek Permudah Izin Usaha dengan Pelayanan Gratis
Dukung UMKM di Wonogiri Naik Kelas, Jekek Permudah Izin Usaha dengan Pelayanan Gratis
Wonogiri Maju
Pasar Slogohimo Terbakar, Pasar Darurat Digelar di Halaman Depan Pasar
Pasar Slogohimo Terbakar, Pasar Darurat Digelar di Halaman Depan Pasar
Wonogiri Maju
Tingkatkan Produksi Tembakau, Jekek Serahkan Bantuan Mesin Multi Komoditas kepada 16 Poktan
Tingkatkan Produksi Tembakau, Jekek Serahkan Bantuan Mesin Multi Komoditas kepada 16 Poktan
Wonogiri Maju
Ratusan Guru di Wonogiri Ditetapkan Jadi PPPK, Jekek Minta Mereka Lebih Jujur dan Amanah
Ratusan Guru di Wonogiri Ditetapkan Jadi PPPK, Jekek Minta Mereka Lebih Jujur dan Amanah
Wonogiri Maju
Pemkab Wonogiri Bagikan Seragam Gratis untuk 89.700 Pelajar, Total Anggaran Capai Lebih dari Rp 36 Miliar
Pemkab Wonogiri Bagikan Seragam Gratis untuk 89.700 Pelajar, Total Anggaran Capai Lebih dari Rp 36 Miliar
Wonogiri Maju
Petani Wonogiri Terima Bantuan Alsintan Rp 12 Miliar, Bupati Jekek Harap Petani Bisa Lebih Semangat
Petani Wonogiri Terima Bantuan Alsintan Rp 12 Miliar, Bupati Jekek Harap Petani Bisa Lebih Semangat
Wonogiri Maju
Upaya Bupati Jekek Penuhi Hak Penyandang Disabilitas, dari Bantuan Sosial hingga Program Wirausaha 
Upaya Bupati Jekek Penuhi Hak Penyandang Disabilitas, dari Bantuan Sosial hingga Program Wirausaha 
Wonogiri Maju
Peringati HUT RI, Bupati Jekek Serukan Semangat Perangi Kemiskinan dengan Gotong Royong
Peringati HUT RI, Bupati Jekek Serukan Semangat Perangi Kemiskinan dengan Gotong Royong
Wonogiri Maju
Bagikan artikel ini melalui
Oke