Sukses Kendalikan Inflasi, Pj. Gubernur Heru Raih Penghargaan Kemendagri

Kompas.com - 04/09/2024, 15:15 WIB
A P Sari

Editor

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Mendagri Tito Karnavian pada acara Apresiasi Kinerja Pejabat Kepala Daerah yang digelar Kemendagri dan Tempo Media Group, Jumat (30/8/2024) malam.DOK. beritajakarta.id Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Mendagri Tito Karnavian pada acara Apresiasi Kinerja Pejabat Kepala Daerah yang digelar Kemendagri dan Tempo Media Group, Jumat (30/8/2024) malam.

JAKARTA, KOMPAS.COM – Penjabat (Pj.) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono meraih Apresiasi Khusus Fiskal Sangat Tinggi dari Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) dan Tempo Media Group.

Penghargaan ini diberikan kepada Heru karena ia dinilai berhasil mengendalikan inflasi di DKI Jakarta. Heru bahkan memperoleh nilai tertinggi dibandingkan kepala daerah lain pada kategori tersebut.

Adapun penghargaan tersebut diberikan Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian pada acara Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah, Jumat (30/8/2024). 

“Saya berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN). Karena sinergi yang kuat telah membantu Jakarta mewujudkan upaya pembangunan yang berkelanjutan, terutama dalam menjaga stabilitas inflasi daerah,” kata Heru, seperti dikutip dari beritajakarta.com, Jumat.

Baca juga: Pramono Anung Temui Fauzi Bowo, Kenang Dukungan Saat Pilgub DKI Jakarta 2007

Ia menegaskan, penghargaan ini merupakan hasil kerja kolektif dari seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Ia berharap, apresiasi ini akan menjadi babak baru bagi jajarannya untuk terus bekerja lebih baik dalam membangun Jakarta.

“Saya juga mengapresiasi Kemendagri atas bantuan dalam melakukan sinkronisasi dengan seluruh penjabat kepala daerah, baik di level provinsi maupun tingkat kota dan kabupaten, agar dapat melakukan pembangunan yang selaras dengan arah kebijakan pemerintah pusat,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Pada kesempatan itu, ia juga memaparkan strategi yang mendorong stabilitas inflasi di Jakarta. Heru Budi mengaku menerapkan 4K, yaitu Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, serta Komunikasi Efektif.

Baca juga: Klasemen dan Jadwal PON XXI 2024, Riau Ditempel DKI Jakarta dan Jatim

Selain itu, ia pun melakukan monitoring pasokan serta harga pangan, baik secara rutin maupun kondisional, di tingkat grosir maupun eceran. Heru dan jajarannya melaksanakan pula pertanian perkotaan atau urban farming serta bekerja sama dengan produsen pangan.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Pak Menteri (Dalam Negeri) Tito Karnavian yang selalu membimbing kami, para pejabat kepala daerah, untuk terus bekerja mengendalikan serta menjaga stabilitas inflasi daerah,” ucap Heru.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta mengalami pertumbuhan inflasi year-on-year (yoy) sebesar 1,97 persen pada Juli 2024. Angka ini lebih rendah daripada inflasi nasional yoy pada periode yang sama, yaitu sebesar 2,13 persen.

“Besaran inflasi di Jakarta termasuk dalam kategori yang cukup terkendali. Angka inflasi itu dinilai cukup baik, lantaran terjadi deflasi dari bulan sebelumnya. Maka, inflasi kita pada Juli, dengan deflasi 0,06 persen, tentunya menjadi sinyal dan memastikan ekonomi kita sedang ada di track yang baik,” terang Sri.

Baca juga: PON 2024: Kejutan Basket Putri Jatim Kalahkan Unggulan DKI Jakarta

Sementara itu, Kemendagri bekerja sama dengan Tempo Media Group memberi penghargaan kepada 20 pejabat kepala daerah berprestasi. Penghargaan ini diberikan kepada sebelas penjabat gubernur dan sembilan penjabat bupati serta wali kota.

Terdapat tiga kelompok penilaian dalam Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024. Pertama, aspek kesejahteraan yang mencakup indikator penting, seperti kemiskinan ekstrem, tingkat pengangguran, kesehatan, serta penanganan stunting

Kedua, aspek pelayanan publik yang menilai pelayanan kepada masyarakat, pemberian perizinan, dan kegiatan unggulan di daerah masing-masing.

Ketiga, ekonomi daerah yang melihat pengendalian inflasi, penyerapan anggaran, serta kinerja daribadan usaha milik daerah (BUMD).

Baca juga: Jadi Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Rano Karno: Ingat Pesan Babe Sabeni

Bukti keberhasilan pemerintah

Pencapaian yang diraih dalam menangani inflasi tersebut merupakan prestasi yang membanggakan.

Hal itu menjadi bukti bahwa Pemprov DKI Jakarta berhasil menjalankan strategi dalam menjaga harga kebutuhan pokok, agar tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat.

Prestasi itu diapresiasi peneliti bidang kewirausahaan sekaligus Tim Kewirausahaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Wisnu Dewobroto.

Kepada Kompas.com, Selasa (3/9/2024), ia menilai, pencapaian Heru dan jajarannya merupakan bukti bahwa Pemprov DKI Jakarta secara serius mengendalikan harga bahan pokok, melalui koordinasi di antara berbagai lembaga dan sektor.

Baca juga: Habiburokhman Bantah Riza Patria Mundur untuk Dampingi Ridwan Kamil di DKI Jakarta

“Pencapaian ini bisa diraih karena ada sinergi antara kebijakan lokal dan nasional, serta kerja sama dengan sektor swasta. Penghargaan ini seharusnya menjadi motivasi untuk terus meningkatkan upaya pemerintah dalam menjaga kestabilan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tutur Wisnu.

Menurutnya, strategi 4K yang dijalankan juga terbukti efektif, karena pendekatannya mencakup semua aspek kritis dalam pengendalian inflasi.

Keterjangkauan Harga, misalnya, membantu menjaga harga kebutuhan pokok tetap rendah, daya beli masyarakat dilindungi, serta tekanan inflasi dapat diminimalkan.

“Strategi 4K ini terintegrasi dan komprehensif, sehingga memungkinkan Pemprov DKI Jakarta untuk tidak hanya merespons masalah yang muncul, tetapi juga mencegah potensi krisis sebelum terjadi. Saya kira, itu alasannya mengapa 4K ini sangat efektif dalam konteks besar seperti Jakarta,” papar Wisnu.

Baca juga: 5 Artis Dilantik Jadi Anggota DPRD DKI Jakarta: Tina Toon, Astrid Kuya, sampai Bebizie

Ke depannya, ia menyarankan agar Pemprov DKI Jakarta menjalin kerja sama regional yang kuat, untuk memastikan pasokan kebutuhan dapat terpenuhi.

Terlebih, Jakarta masih bergantung dengan pasokan luar daerah yang jika terjadi gangguan dalam rantai pasokan, akan berpengaruh signifikan terhadap harga barang.

“Tantangan lainnya juga ada fluktuasi harga global yang dapat berpengaruh kepada inflasi di Jakarta. Ketika harga global naik, biaya impor dan distribusi juga meningkat. Belum lagi masalah cuaca ekstrem yang dapat mengganggu produksi dan distribusi, sehingga akan meningkatkan biaya logistik pula,” urai Wisnu.

Pemprov DKI Jakarta, lanjutnya, pun harus bersiap terhadap lonjakan permintaan akibat pertumbuhan populasi dan urbanisasi.

Baca juga: Gandeng Le Minerale, MUI DKI Jakarta Salurkan Galon Air Mineral untuk Korban Kebakaran Manggarai

Hal itu akan memengaruhi dinamika sosial serta ekonomi yang berimbas pada kebijakan fiskal dan moneter nasional, selain kenaikan upah yang dapat berdampak terhadap daya beli serta inflasi.

“Dalam menangani inflasi yang akan datang, pemerintah juga harus meningkatkan penggunaan teknologi untuk memantau harga secara real-time, memprediksi harga, dan tindakan preventif yang harus dilakukan. Sementara, untuk mengurangi ketergantungan pada beberapa daerah penyangga saja, pemerintah dapat memperluas jaringan pasokan dari daerah lain atau bahkan internasional, untuk mengurangi risiko fluktuasi harga yang disebabkan oleh gangguan di satu sumber pasokan,” tegas Wisnu.

Di samping itu, ia juga mengingatkan Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang stabilitas harga yang penting dan berdampak terhadap inflasi.

Langkah yang bisa dilakukan termasuk menghindari pembelian panik atau panic buying dan mendukung kebijakan pemerintah.

Baca juga: PDI-P DKI Jakarta: Insya Allah Dukung Anies...

“Pemprov DKI Jakarta perlu siap dengan kebijakan ekonomi yang fleksibel, berdasarkan kondisi ekonomi global maupun lokal yang berubah. Termasuk kebijakan fiskal dan moneter yang tepat untuk mendukung kestabilan inflasi,” tandas Wisnu. (Rindu Pradipta Hestya)

Terkini Lainnya
Sinergi Pemprov Jakarta dan Bank DKI Dorong Pemberdayaan UMKM
Sinergi Pemprov Jakarta dan Bank DKI Dorong Pemberdayaan UMKM
Jakarta Maju Bersama
RDF Plant Rorotan Kelola Sampah Jakarta seperti di Negara Maju
RDF Plant Rorotan Kelola Sampah Jakarta seperti di Negara Maju
Jakarta Maju Bersama
Pj. Gubernur Heru Dukung Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan, Wujudkan Layanan Setara
Pj. Gubernur Heru Dukung Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan, Wujudkan Layanan Setara
Jakarta Maju Bersama
Sukses Kendalikan Inflasi, Pj. Gubernur Heru Raih Penghargaan Kemendagri
Sukses Kendalikan Inflasi, Pj. Gubernur Heru Raih Penghargaan Kemendagri
Jakarta Maju Bersama
Pascarevitalisasi, TIM Diharapkan Menjadi Pusat Seni Budaya Nasional dan Global
Pascarevitalisasi, TIM Diharapkan Menjadi Pusat Seni Budaya Nasional dan Global
Jakarta Maju Bersama
Pj. Gubernur Heru Dorong Pembangunan Waduk untuk Mengatasi Banjir Jakarta 
Pj. Gubernur Heru Dorong Pembangunan Waduk untuk Mengatasi Banjir Jakarta 
Jakarta Maju Bersama
Penataan Kabel Udara Capai 138 Titik, Pj. Gubernur Heru: Hadirkan Wajah Baru Jakarta Kota Global
Penataan Kabel Udara Capai 138 Titik, Pj. Gubernur Heru: Hadirkan Wajah Baru Jakarta Kota Global
Jakarta Maju Bersama
HUT Ke-79 RI, Pj. Gubernur Heru Berharap Jakarta Bisa Dioptimalkan sebagai Kota Global
HUT Ke-79 RI, Pj. Gubernur Heru Berharap Jakarta Bisa Dioptimalkan sebagai Kota Global
Jakarta Maju Bersama
Nilai Transaksi JITEX 2024 Rp 12,863 Triliun, Pj. Gubernur Heru: Tahun Depan Diadakan Lagi
Nilai Transaksi JITEX 2024 Rp 12,863 Triliun, Pj. Gubernur Heru: Tahun Depan Diadakan Lagi
Jakarta Maju Bersama
Dukung Jakarta Kota MICE Global, Pj. Heru Dorong Pengelolaan Kota yang Ideal 
Dukung Jakarta Kota MICE Global, Pj. Heru Dorong Pengelolaan Kota yang Ideal 
Jakarta Maju Bersama
JITEX Dorong UMKM Jadi Global Player, Heru: Langkah Jakarta Menjadi Kota Mandiri
JITEX Dorong UMKM Jadi Global Player, Heru: Langkah Jakarta Menjadi Kota Mandiri
Jakarta Maju Bersama
Atasi Kemiskinan di Jakarta, Pj. Gubernur Heru Sediakan Bansos Rp 18,96 Triliun 
Atasi Kemiskinan di Jakarta, Pj. Gubernur Heru Sediakan Bansos Rp 18,96 Triliun 
Jakarta Maju Bersama
Gelar JIA 2024, Pj. Gubernur Heru Buktikan Jakarta Beriklim Investasi Baik
Gelar JIA 2024, Pj. Gubernur Heru Buktikan Jakarta Beriklim Investasi Baik
Jakarta Maju Bersama
Dukung Revitalisasi SMK, Pj. Gubernur Heru Ingin Siswa-siswi Berkesempatan Luas
Dukung Revitalisasi SMK, Pj. Gubernur Heru Ingin Siswa-siswi Berkesempatan Luas
Jakarta Maju Bersama
Fraksi Partai Demokrat Puji Heru Budi: Pengelolaan Keuangan Lebih Bijaksana
Fraksi Partai Demokrat Puji Heru Budi: Pengelolaan Keuangan Lebih Bijaksana
Jakarta Maju Bersama
Bagikan artikel ini melalui
Oke