Terapkan Kabupaten/Kota Sehat, Bandung Barat Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

Kompas.com - 30/11/2023, 15:48 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

Pemkab Bandung Barat raih penghargaan Swasti Saba Wistara.DOK. Pemkab Bandung Barat Pemkab Bandung Barat raih penghargaan Swasti Saba Wistara.

KOMPAS.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dari pemerintah pusat karena telah berhasil menerapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Program Kabupaten/Kota Sehat.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro di Grand Ballroom Kempinski West Mall Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

"Alhamdulilah, kali ini Kabupaten Bandung Barat mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan level tertinggi sebagai saah satu dari 27 kabupaten/kota di Indonesia," kata Penjabat (Pj) Gubernur Bandung Barat Arsan Latif dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (30/11/2023).

Kabupaten/Kota Sehat merupakan kondisi wilayah yang bersih, nyaman, aman, dan sehat yang dicapai melalui penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi serta disepakati oleh masyarakat.

Baca juga: Tekan Inflasi, Pemkab Bandung Barat Alokasikan 100 Ton Beras Murah di 5 Titik Pasar 

Pencapaian ini diraih Kabupaten Bandung Barat setelah memenuhi sembilan tatanan sesuai dengan standar kelayakan penghargaan tersebut.

Adapun sembilan tatanan tersebut, yaitu tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan pemukiman dan fasilitas umum, tatanan satuan pendidikan, tatanan pasar, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, serta tatanan pencegahan dan penanganan bencana.

Untuk diketahui, Kabupaten/Kota Sehat di Kabupaten Bandung Barat dilakukan dalam bentuk kemitraan, yakni bersama tim pembina, yang terdiri dari pemerintah daerah dan Forum Kabupaten Bandung Barat Sehat.

"Kami persembahkan penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat. Semoga ke depannya seluruh program penunjang kesejahteraan masyarakat dapat berjalan dengan baik," tutur Arsan.

Baca juga: 2 Kasus Keracunan Massal di SD, Pemkab Bandung Barat Pelototi Jajanan Sekolah

Bagikan artikel ini melalui
Oke