Simba Asia dan Nasi Tiga Beras, Inovasi Kota Malang untuk Optimalkan Potensi Siswa Istimewa

Kompas.com - 30/07/2024, 12:30 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Disdikbud Kota Malang mengembangkan dua inovasi untuk siswa berkebutuhan khusus, yaitu Sinau Mandiri Bersama Anak Satwimaba Istimewa (Simba Asia) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 dan Layanan Siswa Istimewa Galas Berwirausaha (Nasi Tiga Beras) di SMPN 13.DOK. Diskominfo Kota Malang Disdikbud Kota Malang mengembangkan dua inovasi untuk siswa berkebutuhan khusus, yaitu Sinau Mandiri Bersama Anak Satwimaba Istimewa (Simba Asia) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 dan Layanan Siswa Istimewa Galas Berwirausaha (Nasi Tiga Beras) di SMPN 13.

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang terus berkomitmen dalam menghadirkan pelayanan publik yang optimal dan inklusif, terutama untuk siswa berkebutuhan khusus.

Komitmen tersebut diwujudkan Disdikbud Kota Malang dalam dua inovasi, yaitu Sinau Mandiri Bersama Anak Satwimaba Istimewa (Simba Asia) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 dan Layanan Siswa Istimewa Galas Berwirausaha (Nasi Tiga Beras) di SMPN 13.

Kedua inovasi pembelajaran tersebut menjawab kebutuhan akan pembelajaran diferensiasi untuk siswa istimewa.

Dengan mengacu pada kurikulum nasional Merdeka Belajar, metode Simba Asia dan Nasi Tiga Beras bertujuan untuk melayani anak-anak dengan kebutuhan khusus agar mereka dapat berkembang secara optimal.

Inovasi tersebut mencerminkan semangat pendidikan inklusif dari Merdeka Belajar, dengan fokus pada penciptaan pembelajaran berkualitas yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing siswa.

Baca juga: Simba Asia dan Nasi Tiga Beras, Inovasi Kota Malang untuk Optimalkan Potensi Siswa Istimewa

Simba Asia di SMPN 2 Kota Malang

Kepala SMPN 2 Kota Malang Riatiningsih menjelaskan bahwa inovasi Simba Asia mulai diterapkan pada 2023.

Setelah melakukan asesmen, kata dia, pihak sekolah mengidentifikasi 17 siswa istimewa yang memerlukan pendampingan khusus. Siswa-siswi ini memiliki berbagai kebutuhan, termasuk tunagrahita, slow learner, gangguan belajar spesifik, intellectual disability, dan underachiever.

“Akibatnya, mereka menghadapi hambatan akademis dan mental, sehingga belum dapat mandiri dan menguasai keterampilan hidup yang diperlukan,” ujar Ria dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (30/7/2024).

Ia mengungkapkan bahwa inovasi Simba Asia hadir untuk memfasilitasi dan mengoptimalkan potensi siswa istimewa melalui pembelajaran berdiferensiasi dan bermakna, guna membantu mereka menjadi pribadi yang mandiri.

Lebih lanjut, Ria menuturkan bahwa program tersebut menerapkan dua pendekatan utama, yaitu pembekalan kemandirian dan peran Sahabat Siswa.

Baca juga: Dua Caleg Terpilih DPRD Kota Malang Belum Serahkan LHKPN Terbaru

Dalam pembekalan kemandirian, siswa istimewa dilatih untuk melakukan aktivitas yang dianggap sederhana oleh orang biasa, namun mungkin sulit bagi mereka, seperti memasang kancing, menjahit, menggoreng telur, dan menyetrika.

"Kami melatih keterampilan sehari-hari agar mereka bisa lebih mandiri," jelas Ria.

Sementara itu, Sahabat Siswa adalah pendekatan kedua yang melibatkan siswa reguler untuk mendampingi rekan-rekan mereka yang berkebutuhan khusus. Mereka direkrut tanpa mengetahui siapa siswa istimewa yang akan mereka dampingi.

"Sahabat Siswa membantu dalam proses adaptasi sosial dan akademis. Mereka mendampingi teman-teman yang biasanya menyendiri, malu, atau sering di-bully," tutur Ria.

Ia menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan materi pembelajaran antara siswa inklusi dan reguler secara umum.

Namun, dalam Simba Asia diterapkan prinsip penyesuaian, penyederhanaan, penghilangan, dan penggantian (4P) untuk diferensiasi pembelajaran.

Baca juga: Alami Kecelakaan Tunggal, Mahasiswa di Kota Malang Meninggal Dunia

"Tujuan pembelajaran tetap sama, tetapi cara penyampaiannya dan penilaiannya disesuaikan dengan kebutuhan siswa, serta diberi pendampingan tambahan," jelas Ria.

Pada awal penerapan program, lanjut dia, sekolah menghadapi tantangan dalam meyakinkan beberapa orang tua siswa mengenai pentingnya inklusi.

Namun, setelah terus memberikan penjelasan, dukungan dari orangtua meningkat. Hasilnya, setelah penerapan Simba Asia, 82 persen siswa istimewa kini mencapai rata-rata nilai akademik di atas 80. Padahal sebelum program hanya 20 persen siswa istimewa yang nilainya di atas 80

Selain itu, persentase guru yang mampu menerapkan pembelajaran diferensiasi meningkat drastis dari 15 persen menjadi 73 persen.

Nasi Tiga Beras di SMPN 13 Kota Malang

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Guru BK SMPN 13 Kota Malang, Sinthian Susan menjelaskan bahwa gagasan inovasi Nasi Tiga Beras sudah ada sejak 2022.

Baca juga: Seorang Kakek di Kota Malang Diduga Tega Cabuli Anak Perempuan Berkebutuhan Khusus

"Nasi Tiga Beras adalah sebuah program pembelajaran kontekstual dan kewirausahaan yang dirancang khusus untuk siswa dengan kebutuhan istimewa,” ucapnya.

Program tersebut, lanjut Sinthian, tidak hanya mengajarkan materi terkait kewirausahaan, tetapi juga melatih siswa untuk memproduksi barang, seperti keterampilan membuat telur asin dan beternak ayam ras.

Ia menjelaskan bahwa program tersebut bertujuan untuk membangun kepercayaan diri siswa inklusi dan memberikan mereka kesempatan untuk mengembangkan potensi diri.

"Setiap siswa memiliki potensi di bidangnya masing-masing dan berhak mendapatkan pendidikan tanpa perbedaan. Dengan menggunakan asesmen diagnostik non-kognitif berupa tes psikologi serta identifikasi bakat dan minat, kami mengembangkan program Nasi Tiga Beras untuk menggali potensi kewirausahaan siswa inklusi,” ucap Sinthian.

“Kami berharap keistimewaan mereka tidak menjadi penghalang, melainkan dorongan untuk lebih inovatif dan percaya diri, terutama dalam bidang kewirausahaan,” sambungnya.

Baca juga: Pilkada Kota Malang, PKS Usulkan Kadernya untuk Dampingi Wahyu Hidayat

Berikan pelayanan kepada semua siswa

Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana menyampaikan bahwa saat ini banyak siswa istimewa yang belajar di sekolah reguler.

Meski ada keterbatasan dalam jumlah guru pendamping khusus (GPK), pihaknya tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang setara bagi semua siswa.

“Hal ini menuntut kreativitas dari sekolah dan guru agar siswa istimewa juga mendapatkan layanan pendidikan yang layak,” tutur Suwarjana.

Ia menjelaskan bahwa Simba Asia dan Nasi Tiga Beras merupakan hasil adaptasi dari inovasi Belajar Menarik Bersama Siswa Istimewa (Jarik Ma'Siti) yang dikembangkan oleh SMPN 10 Kota Malang.

Inovasi tersebut telah menerima penghargaan sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Klaster Pemerintah Kota Tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Baca juga: Logo Kayutangan Heritage di Kota Malang Kembali Rusak, Dinas Selidiki Penyebab

"Kami tidak bisa menolak siswa istimewa, jadi kami harus tetap menerima dan mengajarnya. Meskipun kami kekurangan GPK—kebanyakan dari mereka bukan berlatar belakang strata 1 (S1) Pendidikan, melainkan Psikologi—kami tetap berusaha melayani anak berkebutuhan khusus,” imbuh Suwarjana.

“Alhamdulillah, guru-guru di Kota Malang sangat berdedikasi dan mampu berinovasi dengan metode pembelajaran diferensiasi, seperti Jarik Ma'Siti, Simba Asia, dan Nasi Tiga Beras," sambungnya.

Dukungan dari Pj Walkot Malang

Adapun Penjabat (Pj) Wali Kota (Walkot) Malang Wahyu Hidayat memberikan dukungan penuh terhadap berbagai inovasi yang dikembangkan sekolah untuk memfasilitasi siswa istimewa agar mendapatkan pendidikan yang layak dan setara.

"Saya berharap inovasi ini dapat berkembang dan mendapat apresiasi lebih lanjut. Selain itu, saya juga berharap agar siswa istimewa menerima layanan dan pendidikan dengan kualitas yang setara dengan siswa reguler. Semua ini mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Baca juga: Terdakwa Penganiayaan Anak Selebgram di Kota Malang Menangis Bacakan Permintaan Maaf saat Sidang Pledoi

Kebanggaan semakin meningkat karena inovasi Simba Asia dan Nasi Tiga Beras telah mengantarkan Pemkot Malang meraih apresiasi dari Kemenpan-RB.

Dalam Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi (PKRI) Pelayanan Publik 2024, kedua inovasi tersebut masuk 5 Terbaik Inovasi Kelompok Replikasi Inovasi Kluster Kota, yang diumumkan pada Senin (29/7/2024).

Selain itu, dua inovasi lain yang juga diajukan dalam PKRI telah mengikuti tahap presentasi serta wawancara. Dua Inovasi itu adalah Belajar Menyenangkan Bersama Siswa Spesial (Benang Mass) dari SMPN 3 Kota Malang dan Spenturo Ramah Inklusi (Serasi) dari SMPN 20 Kota Malang.

Simba Asia merupakan salah satu contoh layanan publik inklusif yang telah menjadi bagian dari proses bisnis tetap di Kota Malang.

Baca juga: Diparkir di Depan Rumah, Motor Warga di Kota Malang Raib Dicuri

Pemkot Malang terus berkomitmen untuk menciptakan ekosistem inklusif yang berkelanjutan melalui berbagai inovasi layanan publik, seperti Belajar Menarik Bersama Siswa Istimewa (Jarik Ma'Siti), Braille Eticket and Extraordinary Access for Visual Disabilities (BREXIT), layanan pojok braille perpustakaan, dokumen kependudukan braille, serta layanan inklusi braille (Libra) untuk berbagai perizinan.

Terkini Lainnya
Simba Asia dan Nasi Tiga Beras, Inovasi Kota Malang untuk Optimalkan Potensi Siswa Istimewa
Simba Asia dan Nasi Tiga Beras, Inovasi Kota Malang untuk Optimalkan Potensi Siswa Istimewa
Kota Malang
Pemkot Malang Lestarikan Budaya dan Promosikan Wisata lewat Sambang Kampung Wisata Aeng Mapak Padhang Mbulan
Pemkot Malang Lestarikan Budaya dan Promosikan Wisata lewat Sambang Kampung Wisata Aeng Mapak Padhang Mbulan
Kota Malang
Lindungi Stok dan Kendalikan Inflasi, Pemkot Malang Gelar Gerakan Tanam Cabai
Lindungi Stok dan Kendalikan Inflasi, Pemkot Malang Gelar Gerakan Tanam Cabai
Kota Malang
Raih Digital Government Award 2024, SPBE Kota Malang Masuk 10 Terbaik Nasional
Raih Digital Government Award 2024, SPBE Kota Malang Masuk 10 Terbaik Nasional
Kota Malang
Kota Malang Raih Penghargaan PPD Tingkat Nasional Tahun 2024
Kota Malang Raih Penghargaan PPD Tingkat Nasional Tahun 2024
Kota Malang
Harkitnas 2023, Sutiaji Ajak Masyarakat Majukan Pembangunan demi Pertumbuhan Ekonomi Kota Malang
Harkitnas 2023, Sutiaji Ajak Masyarakat Majukan Pembangunan demi Pertumbuhan Ekonomi Kota Malang
Kota Malang
Pemkot Malang Gandeng Pemkab Tabanan Kembangkan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik
Pemkot Malang Gandeng Pemkab Tabanan Kembangkan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik
Kota Malang
Walkot Malang Minta Jajarannya Fokus Capai Target Penurunan Kemiskinan 3,77 Persen
Walkot Malang Minta Jajarannya Fokus Capai Target Penurunan Kemiskinan 3,77 Persen
Kota Malang
Berkat Kayutangan Heritage, Pemkot Malang Raih Peringkat Ke-2 PPD Jatim
Berkat Kayutangan Heritage, Pemkot Malang Raih Peringkat Ke-2 PPD Jatim
Kota Malang
Walkot Sutiaji Harap Pasar Murah Ramadhan Bantu Jaga Stabilitas Perekonomian Kota Malang
Walkot Sutiaji Harap Pasar Murah Ramadhan Bantu Jaga Stabilitas Perekonomian Kota Malang
Kota Malang
 Desainer Grafis Malang Tembus 5 Besar Lomba Logo IKN, Walkot Sutiaji: Saya Doakan yang Terbaik
Desainer Grafis Malang Tembus 5 Besar Lomba Logo IKN, Walkot Sutiaji: Saya Doakan yang Terbaik
Kota Malang
Atasi Permasalahan Parkir, Pemkot Malang Gelar Operasi Tepak Ramadhan
Atasi Permasalahan Parkir, Pemkot Malang Gelar Operasi Tepak Ramadhan
Kota Malang
Bagikan artikel ini melalui
Oke