Bupati Arief Tunjuk Dandim Andy Soelistyo sebagai Ketua Bulan Dana PMI Blora 2022

Fathia Yasmine
Kompas.com - Sabtu, 3 September 2022
-- -


KOMPAS.com – Bupati Blora Arief Rohman mengukuhkan Komandan Kodim (Dandim) 0721 Blora Letnan Kolonel (Letkol) Andy Soelistyo sebagai Ketua Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) 2022 di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pengukuhan dilakukan ruang pertemuan Sekretariat Daerah (Sekda) Blora, Jumat (2/9/2022).

Arief mengatakan, Andy Soelistyo dipilih untuk menggantikan jabatan Ketua Bulan Dana PMI 2021 yang sebelumnya dipimpin Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Blora.

“Bulan Dana PMI Kabupaten Blora tahun lalu diisi oleh Pak Kapolres, sekarang waktunya Pak Dandim. Saya yakin Pak Dandim sudah berpengalaman sehingga mampu mengulang sukses Bulan Dana PMI tahun lalu,” papar Arief dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (3/9/2022).

Pengukuhan tersebut ikut disaksikan oleh Camat, Komandan Rayon Militer (Danramil), Kapolsek se-Kabupaten Blora, jajaran PMI Blora, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta relawan dan komunitas pendonor darah.

Dalam kesempatan tersebut, Arief juga ikut meresmikan pencanangan Bulan Dana PMI yang ditandai dengan pemukulan gong. Ia mengatakan, pemerintah Kabupaten Blora akan mendukung penuh program yang disusun oleh Andy Soelistyo.

Baca juga: Bupati Arief Berikan Respons Positif akan Rencana IPB Dirikan Sekolah Peternakan Rakyat di Blora

“Kami segenap jajaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dan seluruh instansi yang ada di Kabupaten Blora siap mendukung apa yang menjadi program Bulan Dana PMI tahun ini. Kami optimistis program ini akan sukses,” ungkapnya.

Sebagai bentuk dukungan, seluruh kegiatan Bulan Dana PMI akan bersinergi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkoimpda), dan masyarakat setempat.

“Kami harapkan PMI bisa hadir bersama untuk donor darah. Nanti kami programkan kegiatan tersebut minimal satu bulan sekali atau dua kali,” tutur Arief.

Sejalan dengan dukungan Pemkab Blora, Andy Soelistyo turut menyatakan kesiapannya sebagai Ketua Bulan Dana PMI 2022. Ia berharap, seluruh rangkaian kegiatan PMI dapat terselenggara dengan baik, serta dilandasi dengan kejujuran dan hati yang bersih.

“Saya selaku ketua yang ditunjuk mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah memberikan kepercayaan dan mandat kepada saya. Semoga pengumpulan dana bisa tersalurkan sesuai sasaran, serta bisa dipertanggungjawabkan,” ungkap Andy.

Baca juga: Kunker ke Unnes, Bupati Arief Ajak Rektor Fathur Diskusi Pembangunan di Blora

Berbicara tentang program PMI 2021, Ketua PMI Blora Sutikno Slamet menjelaskan, hasil kegiatan Bulan Dana PMI digunakan untuk kegiatan kemanusiaan, mulai dari bantuan bencana alam, kebakaran, dan angin puting beliung.

“Ada pula bantuan sosial kemanusiaan dengan memberikan bantuan kursi roda, alat bantu jalan, juga memberikan bantuan air bersih pada desa rawan kekeringan. Kami juga melakukan peningkatan sumber daya (SDM) relawan,” papar Sutikno.

Saat ini, PMI Kabupaten Blora sudah membentuk 24 kampung donor. Adapun Kecamatan Cepu menjadi satu-satunya kecamatan yang sudah membentuk kampung donor secara serentak di 17 desa dan kelurahan.

“Harapan kami bisa menjadikan inspirasi untuk kecamatan lain,” ucapnya.

Andy Soelistyo mengatakan bahwa penyelenggaraan Bulan Dana PMI 2022 nantinya akan dikembalikan dan dilaksanakan melalui berbagai kegiatan kemanusiaan dan kegiatan serupa.

Baca juga: Peringati HUT Ke-77 RI, Bupati Blora Berkunjung ke Rumah Veteran dan Purnawirawan

Sumbangan Bulan Dana PMI dijadwalkan berakhir 30 November 2022. Kendati demikian, masyarakat bisa memperoleh informasi tentang program dan penggunaan dana melalui layanan PMI.

“Seluruh program akan disalurkan dan dikembalikan kepada masyarakat. Baik untuk masyarakat terdampak bencana, maupun penyediaan obat-obatan dan SDM. Untuk itu, kami harap pemerintah dan masyarakat dapat ikut mendukung inisiatif ini,” pungkas Andy.

 

 

PenulisFathia Yasmine
EditorAditya Mulyawan