Kunker ke Unnes, Bupati Arief Ajak Rektor Fathur Diskusi Pembangunan di Blora

Dwi Nur Hayati
Kompas.com - Kamis, 11 Agustus 2022
Bupati Blora Arief Rohman melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Universitas Negeri Semarang (UNNES), Rabu (10/8/2022).DOK. Humas Pemkab Blora Bupati Blora Arief Rohman melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Universitas Negeri Semarang (UNNES), Rabu (10/8/2022).

KOMPAS.com - Bupati Blora Arief Rohman melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk berdiskusi terkait tindak lanjut memorandum of understanding (MoU) kerja sama antara kedua pihak dalam memajukan wilayahnya, Rabu (10/8/2022).

Pada kesempatan itu, pria yang akrab disapa Mas Arief ini menemui Rektor Unnes Fathur Rokhman dan jajarannya, sekaligus meminta arahan terkait pembangunan di Blora.

"Kami meminta bimbingan arahan dari Pak Rektor (Fathur Rokhman) terkait pengembangan wisata dan industri. Sekaligus mengatasi permasalahan stunting, kemiskinan, dan sumber daya manusia (SDM) di Blora," ucapnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (11/8/2022).

Mas Arief berharap, MoU yang sudah terjalin agar bisa segera diwujudkan dengan perjanjian kerja sama.

Baca juga: MoU dengan Korsel Diperpanjang, Pemerintah Perkuat Kerja Sama Pembangunan IKN

Pasalnya, kata dia, Kabupaten Blora memiliki segudang permasalahan dalam berbagai bidang. Permasalahan ini, menurut Mas Arief, tidak mungkin dapat diselesaikan oleh Pemkab Blora secara Mandiri.

Oleh karenanya, ia berupaya menggandeng perguruan tinggi untuk melakukan kerja sama. Salah satunya dengan mengajak Unnes.

"Harapan kami, dengan menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi, Unnes dapat memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora untuk mengurangi dan menyelesaikan permasalahan di wilayah kami dengan memaksimalkan potensi yang ada," imbuh Mas Arief.

Baca juga: Tembus Ekspor ke Amerika, Pelaku UMKM dan Petani Didorong Jajaki Potensi Kratom

Unnes siap dukung Blora lebih maju

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unnes Fathur Rokhman mengatakan, pihaknya siap untuk mendukung agar Blora ke depannya lebih maju.

"Terima kasih atas kerja sama ini, kami prinsipnya siap," ujarnya.

Unnes berharap, lanjut Fathur, nantinya dapat menjalin kerja sama yang baik dengan Blora dan saling memberikan manfaat dalam upaya memperkuat kelembagaan.

Sebagai upaya lebih lanjut, dia mendorong untuk segera dilakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Unnes dan Blora.

Fathur menyatakan, Unnes juga siap membantu untuk mendampingi dan memberdayakan desa yang ada di Blora.

Baca juga: UNJ Ingatkan untuk Memberdayakan Masyarakat Miskin dan Tertinggal

"Nanti dari Pak Bupati (Arief Rohman) ada tim teknis ya yang bisa berdiskusi secara intensif. Kalau MoU sudah ada, nanti untuk PKS akan dirumuskan tadi, seperti terkait pemberdayaan desa," jelasnya.

Selain itu, imbuh Fathur, ke depannya terkait dengan kerja sama pengembangan SDM meliputi guru maupun tenaga kependidikan juga dapat didiskusikan.

Sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut hadir beberapa tokoh penting dari Unnes, di antaranya Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3), Ketua Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (BAKK), Koordinator Bagian Kerja Sama Unnes, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas Unnes.

Kemudian dari Pemkab Blora hadir Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Blora Aunur Rofiq, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Bagian Pemerintahan dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Blora.

PenulisDwi Nur Hayati
EditorMikhael Gewati