Ikuti Pesan Bung Karno, Bupati Tabanan Dorong KTNA Jaga Kemandirian Pangan

Kompas.com - 29/07/2024, 10:17 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam pembukaan acara di Area De Jukung Resto dan Bar Tanah Lot, Desa Beraban, Kediri, Tabanan, Sabtu, (27/6/2024), yang bertepatan dengan rahina Tumpek Landep. 
DOK. Humas Pemkab Tabanan Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam pembukaan acara di Area De Jukung Resto dan Bar Tanah Lot, Desa Beraban, Kediri, Tabanan, Sabtu, (27/6/2024), yang bertepatan dengan rahina Tumpek Landep.

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan menjadi tuan rumah gelaran Rembug Utama dan Grand Opening Expo Kontak Tani Nelayan Andalan ( KTNA) Nasional Tahun 2024.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengatakan, penghargaan dan pengakuan kepada petani dan nelayan berprestasi merupakan hal yang wajib dilakukan. 

Dia menyebutkan, keberadaan petani dan nelayan di era globalisasi saat ini mengingatkannya pada ungkapan Bung Karno yang menyinggung mengenai hidup matinya bangsa ini di bidang pangan. 

Bung Karno menyampaikan, masalah pangan tidak bisa dipecahkan dengan sinisme atau sekadar tuduhan maupun cemoohan. 

Menurutnya, Bung Karno meminta semua pihak menjadi pelopor dan pahlawan dalam revolusi pembangunan. 

"Atas dasar inilah, saya menilai betapa pentingnya posisi pelaksanaan Rembug Utama dan Expo KTNA yang dilaksanakan hari ini,” ujarnya.

Baca juga: Ngantor di Desa Buahan, Bupati Tabanan Apresiasi Inovasi Mi Kelor yang Unik dan Sehat

Dia mengatakan itu dalam pembukaan acara di Area De Jukung Resto dan Bar Tanah Lot, Desa Beraban, Kediri, Tabanan, Sabtu (27/6/2024), yang bertepatan dengan rahina Tumpek Landep. 

Komang mengatakan, semua pihak harus mampu memahami isu-isu strategis global, bisa melakukan pemetaan, mampu mencari solusi-solusi atas permasalahan yang ada.

“Yang terpenting, kita yang hadir di sini memiliki komitmen yang sama untuk mewujudkan kedaulatan pangan menuju kejayaan bangsa," ujarnya dalam siaran pers.

Salah satu komitmen tersebut diwujudkan Komang dengan menandatangani kesepakatan bersama (KB) antara Bupati Tabanan dengan KTNA Nasional tentang Kaji Penerapan Teknologi Pertanian dan Perikanan dan Ketahanan Pangan. 

Komang berharap, pelaksanaan kegiatan itu akan memberikan manfaat, tidak hanya dari sisi ekonomi kepariwisataan, tetapi juga memberikan transfer of knowledge dan transfer of value bagi para petani dan nelayan di Kabupaten Tabanan. 

Baca juga: Lestarikan Budaya dan Tradisi, Bupati Tabanan Pimpin Bhakti Penganyar di 2 Pura Suci di Jatim

Hidup matinya suatu bangsa

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pertanian Dedi Nursyamsi mengutip perkataan Bung Karno pada 1952 di Bogor bahwa pangan adalah hidup dan matinya suatu bangsa. 

Bung Karno mengatakan, hanya bangsa yang bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri yang akan tetap eksis di muka bumi. 

Sebaliknya, negara yang tidak mampu mengatasi pangannya sendiri akan menunggu kehancurannya. 

“Oleh karena itu terkait pangan, kita harus lakukan berbagai upaya secara revolusioner, secara radikal, secara habis-habisan. Begitu amanat Bung Karno saat itu,”  kata Dedi. 

Mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Dedi mengatakan, tidak ada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tanpa pertanian.

Baca juga: Festival Jatiluwih V Sukses Digelar, Bupati Tabanan Apresiasi Seluruh Pihak yang Terlibat

“Tidak ada pangan tanpa pertanian, tidak ada pertanian tanpa petani dan nelayan, tidak ada pertanian tanpa KTNA,” ungkapnya. 

Oleh karena itu, dia mengingatkan forum KTNA bahwa pihak yang menyangga pangan di NKRI tiada lain adalah petani dan KTNA. 

“Begitu pentingnya petani dan nelayan untuk NKRI ini. Untuk itu sekali lagi, pangan tidak boleh bermasalah,” katanya. 

Dedi juga mengingatkan bahwa saat ini tidak kurang dari 60 negara dan tidak kurang dari 600 juta penduduk dunia mengalami krisis pangan.

“Bahkan, ada yang stunting. Jangan sampai krisis pangan ini mampir di negara kita. Setuju?” seru Dedi. 

Adapun Rembug Utama KTNA Nasional merupakan forum diskusi yang diadakan KTNA untuk membahas berbagai isu dan tantangan yang dihadapi petani dan nelayan di Indonesia. 

Acara itu melibatkan para petani, nelayan, ahli pertanian, petani milenial, pejabat pemerintah, dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Ketua TP-PKK Tabanan Intensifkan Program Sosial di Marga dan Baturiti

Rembug Utama KTNA Nasional juga menjadi wadah bagi petani dan nelayan untuk menyampaikan aspirasi, masalah, dan kebutuhan mereka kepada pemerintah dan pihak terkait.

Tak hanya itu, kegiatan itu juga bertujuan meningkatkan keterampilan dan produktivitas petani dan nelayan pada era saat ini.

Kegiatan itu juga bertujuan memperkuat jaringan dan kemitraan antara petani, nelayan, pemerintah, dan sektor swasta.

Turut hadir dalam kegiatan itu Penjabat (Pj)Gubernur Bali Mahendra Jaya, anggota Komisi IV DPR RI, serta para gubernur dan bupati/wali kota se-Indonesia atau yang mewakili dan undangan terkait.

Kegiatan itu mendapatkan sambutan hangat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, DPRD Tabanan, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tabanan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke