Jejak Sejarah Bung Karno, Megawati Hadiri Pengukuhan Jaket Bung Karno di Ende

Kompas.com - 04/06/2024, 12:33 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri mendatangani pengukuhan kepengurusan Jaringan Kabupaten/Kota Tapak Sejarah (Jaket) Bung Karno di Ende, Jumat (31/5/2024).
DOK. Humas Pemkab Ende Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri mendatangani pengukuhan kepengurusan Jaringan Kabupaten/Kota Tapak Sejarah (Jaket) Bung Karno di Ende, Jumat (31/5/2024).

KOMPAS.com - Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri mendatangani pengukuhan kepengurusan Jaringan Kabupaten/Kota Tapak Sejarah (Jaket) Bung Karno di Ende, Jumat (31/5/2024).

Pada kesempatan itu, Megawati meminta para pengurus bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

“Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan cita-cita Bung Karno dengan penuh rasa dan tanggung jawab,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (4/6/2024). 

Adapun Jaket Bung Karno merupakan organisasi yang dibentuk untuk melestarikan nilai-nilai kesejarahan Bung Karno di sejumlah daerah. 

Pembentukan pengurus Jaket Bung Karno di Ende berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) I yang digelar pada hari yang sama.

Baca juga: Singgung Kesejarahan Ende dengan Bung Karno, Megawati: Pancasila Lahir Tidak Melalui Jalan Mudah

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua,” ujar putri Bung Karno tersebut.

Penandatangan dilaksanakan di Situs Bung Karno yang merupakan rumah tempat tinggal Sang Proklamator semasa pengasingan di Ende pada 1934-1938.

Didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga dan petinggi lainnya, Megawati disambut hangat masyarakat Ende.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) itu juga sempat melihat barang-barang peninggalan Bung Karno yang masih terawat dengan baik di situs.

Sebelum meninggalkan situs, Megawati berkesempatan untuk sholat di ruang pribadi Bung Karno yang dulunya sering dipakai untuk berdoa dan bersemedi.

Baca juga: Sempat Tidak Fit, Megawati Sapa Warga di Kantor PDI-P Ende

Membumikan Pancasila

Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Kabupaten/Kota Tapak Sejarah (Jaket) Bung Karno di Aula Garuda Kantor Bupati Ende, Jumat (31/5/2024).
DOK. Humas Pemkab Ende Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Kabupaten/Kota Tapak Sejarah (Jaket) Bung Karno di Aula Garuda Kantor Bupati Ende, Jumat (31/5/2024).

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ende Efrem Diakon Aina membuka Munas I Jaket Bung Karno di Aula Garuda Kantor Bupati Ende.

Diakon menyatakan, Munas I Jaket Bung Karno menjadi media untuk membumikan Pancasila sebagai pemikiran intelektual Presiden Indonesia ke-1 tersebut.

“Munas ini tentunya menjadi wahana yang tepat untuk berdiskusi dan bertukar pikiran membangun koordinasi dan kerja sama dalam upaya membumikan Pancasila sebagai buah pemikiran Bung Karno ke seluruh Nusantara,” ujarnya mewakili Penjabat (Pj) Bupati Ende Agustinus G Ngasu.

Lebih lanjut, Diakon mengatakan, pembangunan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) membutuhkan peran segenap bangsa.

Baca juga: Megawati Ungkap Alasan Peringati Harlah Pancasila di Ende

Hal tersebut dimulai sejak dini dengan memberikan dasar pandangan hidup yang universal sesuai nilai Pancasila.

Dengan demikian, kata dia, bangsa Indonesia harus miliki integritas dan kredibilitas sebagai bangsa yang berdaulat dan bermartabat.

Usai membuka kegiatan itu, Diakon memberikan cinderamata kepada perwakilan kabupaten/kota yang hadir, Perpustakaan Bung Karno Blitar, dan salah satu undangan yang ikut menyaksikan munas, yaitu Wakil Bupati Belu.

Agenda munas selanjutnya dipandu Sekda Blitar Priyo Suhartono dan diisi dengan pleno I tentang Pemilihan Pimpinan Sidang Tetap, Tata Tertib, dan Susunan Acara. 

Acara berikutnya adalah Pleno 2 yang membahas Deklarasi Istana Gebang Blitar, susunan kepengurusan Jaket, Anggaran Dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART), serta program kerja.

Baca juga: Ganjar-Mahfud Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende NTT

Di akhir pleno 2, akan disepakati Rapat Koordinasi (Rakor) Jaket Bung Karno 2025 mendatang akan dilaksanakan di Kota Bandung.

Sementara itu, panitia Munas I Jaket Bung Karno Kanisius Poto menerangkan, Jaket Bung Karno merupakan inisiasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar untuk merawat nilai–nilai perjuangan Bung Karno yang berkembang di kota/kabupaten jejak sejarah kehidupan Bung Karno.

Sebagaimana diketahui, Ende merupakan salah satu tempat pengasingan Bung Karno sekaligus tempat perenungan nilai-nilai Pancasila sehingga Ende dijuluki Kota Rahim Pancasila.

Pemkab Ende juga menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila Ende dengan Instruktur Upacara Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Ayodhia Kalake.

Bagikan artikel ini melalui
Oke