Pemkab Ende Lakukan Persiapan Jelang Rakor "Jaket Bung Karno"

Kompas.com - 01/03/2024, 13:50 WIB
Nethania Simanjuntak,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Pemkab Ende melakukan rapat persiapan untuk Rakor Jaket Bung Karno.Dok. Pemkab Ende Pemkab Ende melakukan rapat persiapan untuk Rakor Jaket Bung Karno.

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende menggelar rapat persiapan menjelang perhelatan akbar Rapat Koordinasi (Rakor) Jaringan Kota/Kabupaten Tapak Sejarah Bung Karno (Jaket Bung Karno) di Ruang Garuda Kantor Bupati Ende, Kamis (29/2/2024).

Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ende Agustinus G Ngasu dengan pembahasan utama mengenai persiapan penyelenggaraan rakor.

Bupati Ende Djafar H Ahmad yang turut hadir dalam rapat tersebut mengatakan, Jaket Bung Karno akan melibatkan 21 kabupaten/kota di Indonesia untuk menilik sejarah hidup Bung Karno dari masa kecil hingga akhir hayatnya.

Oleh karenanya, dia berharap semua tim yang terlibat untuk bekerja dengan baik, agar acara bisa berjalan lancar dan aman.

Baca juga: Pemkab Ende Akan Gelar Festival Kelimutu, Promosi Wisata dan Ekraf

Rakor Jaket Bung Karno ini merupakan filosofi yang dimaknai bukan sebagai jaket yang dikenakan oleh Bung Karno, melainkan jaket pemikiran, ide, gagasan, optimisme dan cita-cita perjuangan dari Bung Karno untuk kemerdekaan bangsa dan nilai-nilai luhur Pancasila yang diwariskan kepada kita sampai dengan saat ini,” ujar Djafar dalam siaran persnya, Jumat (1/3/2024).

Sebagai informasi, Jaket Bung Karno berlangsung mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2024, dengan berbagai kegiatan, mulai dari pagelaran budaya, pameran usaha usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), seminar nasionalisme, kunjungan ke beberapa tempat yang menjadi kisah hidup Bung Karno di Ende, serta kunjungan ke Danau Kelimutu dan beberapa wisata lainnya yang ada di Ende.

Jaket Bung Karno akan dimulai dengan Pra Sarasehan Seminar Jaket Bung Karno pada 24 Mei 2023 di Kota Blitar. Acara kemudian dilanjutkan dengan deklarasi pada 21 Juni 2023 dengan rekomendasi 5 Deklarasi Istana Gebang dan 10 Program Kerja Jaket Bung Karno.

Rekomendasi itu nantinya akan dituangkan dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Jaket Bung Karno, yang selanjutnya akan disahkan pada Puncak Jaket Bung Karno di Kabupaten Ende

 

Bagikan artikel ini melalui
Oke