Gelar Festival Budaya Maritim Mappanre Ri Tasi'e, Pemkab Tanah Bumbu Libatkan Ratusan UMKM

Inang Jalaludin Shofihara
Kompas.com - Senin, 22 Mei 2023
Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam Festival Budaya Maritim Pesona Mappanre Ri Tasi'e di Pantai Pagatan Tanah Pangeran, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 20 Mei - 4 Juni 2023.DOK. Humas Pemkab Tanah Bumbu Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam Festival Budaya Maritim Pesona Mappanre Ri Tasi'e di Pantai Pagatan Tanah Pangeran, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 20 Mei - 4 Juni 2023.

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bambu kembali menggelar Festival Budaya Maritim Pesona Mappanre Ri Tasi'e di Pantai Pagatan Tanah Pangeran, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 20 Mei-4 Juni 2023.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengatakan, Pesona Mappanre Ri Tasi'e sebagai ajang pelestarian budaya kali ini juga dijadikan sebagai momentum kebangkitan wisata Kalsel.

Mengusung tema "Nelayan Berkah, Tanah Bumbu Sejahtera", festival kali ini tak kalah meriah dari Batulicin Festival (Batfest) yang digelar pada akhir 2022 dan menjadi festival terbesar di wilayah Indonesia Timur.

Pasalnya, Pesta Pantai Budaya Maritim Mappanre Ri Tasi'e Tanah Bumbu dikemas menarik sehingga meninggalkan kesan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bumi Bersujud Serambi Madinah.

Baca juga: Lokasi Tanah Bumbu Strategis untuk IKN, Bupati Zairullah: Akan Punya 11 Industri dan Butuh 100.000 Tenaga Kerja

Selain pertunjukan budaya selama tiga minggu berturut-turut, festiva kali ini juga menjadi momentum untuk mengangkat usaha mikro kecil menengah ( UMKM) masyarakat banua Kalsel.

Pemkab Tanah Bumbu pada gelaran Mappanre Ri Tasi'e 2023 kali ini melibatkan ratusan UMKM dan pelaku usaha dalam rangka memeriahkan acara tahunan yang menjadi bagian dari perayaan Hari Jadi ke-20 Tanah Bumbu.

"Selain pertunjukan budaya, festival ini juga dimeriahkan dengan adanya Tanah Bumbu Expo yang melibatkan dunia usaha dan pemerintah daerah (pemda)," kata Zairullah dalam siaran pers, Senin (22/5/2023).

Tanah Bumbu Expo adalah ajang untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM dari Tanah Bumbu dan kabupaten/kota se-Kalsel.

Pemkab Tanah Bumbu bekerja sama dengan pihak perusahaan atau dunia usaha menyediakan 200 tenda untuk UMKM kabupaten/kota se-Kalsel sebagai wujud kontribusi nyata terhadap pembangunan di Bumi Bersujud.

Baca juga: Kementerian KP dan Pemkab Tanah Bumbu Bersinergi Angkat Potensi Perikanan lewat Program SFV

Pemkab Tanah Bumbu juga menyediakan satu tenda roder untuk pameran pembangunan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Tanah Bumbu dan instansi vertikal.

Sekedar informasi, Mappanre Ri Tasi'e adalah festival adat suku Bugis Pesisir yang diturunkan secara turun-temurun dan dilaksanakan setiap tahun di Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

Mappanre Ri Tasi'e artinya adalah makan bersama-sama di laut sebagai bentuk ucapan rasa syukur nelayan atas hasil laut yang melimpah. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu Ambo Sakka menambahkan, pihaknya menggelar pesona Mappanre Ri Tasi'e selama 16 hari berturut-turut agar makin meriah.

Acara pembukaan Mappanre Ri Tasi'e pada Sabtu (20/5/2023) diisi dengan pertunjukan seni budaya, artis dangdut ibu kota, dan tabligh akbar.

Baca juga: Jadi Penyangga IKN Nusantara, Kabupaten Tanah Bumbu Persiapkan Ini

Ketua Umum Pesta Adat Mappanre Ri Tasi'e Tahun 2023 itu memaparkan, hari-hari berikutnya diisi berbagai kegiatan untuk menambah semarak pesona Mappanre Ri Tasi'e tahun 2023.

Beberapa kegiatan itu, antara lain lomba kesenian rakyat, pertunjukan musik multi etnis dan budaya Indonesia, festival dangdut religi, musik gambus, maulid habsyi, hiburan musik lokal, lomba balogo, festival kuliner, dan lomba kapal hias.

PenulisInang Jalaludin Shofihara
EditorMikhael Gewati