Harlah ke-24, Pemkab Tulang Bawang Hadirkan 25 "Program BMW"

Imalay Naomi Lasono
Kompas.com - Minggu, 21 Maret 2021
Bupati Tulang Bawang Winarti dalam acara HUT ke-24 Tulang Bawang. Bupati Tulang Bawang Winarti dalam acara HUT ke-24 Tulang Bawang.

KOMPAS.com – Rayakan hari lahir (harlah) ke-24, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang hadiahi 25 program "Bersama Melayani Warga ( BMW)" untuk seluruh warga kabupaten.

Acara tersebut dilaksanakan di Gedung DPRD Tulang Bawang pada Sabtu, (20/3/2021).

Bupati Tulang Bawang, Winarti mengatakan, program rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2017-2022 sudah berjalan selama dua tahun.

“Program ini (BMW) lahir dari mimpi dan keinginan masyarakat. Selain itu, BMW juga ternyata sangat relevan di masa pandemi Covid-19 saat ini,” kata Winarti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (21/3/2021).

Winarti juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak dan instansi yang mendukung penuh terhadap 25 program BMW tersebut.

Adapun, menurut Winarti, beberapa program BMW sangat efektif membantu masyarakat meningkatkan daya tahan perekonomian di era Covid-19.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tulang Bawang dari data badan pusat statistik masih di atas 1 persen. Hal ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi Tulang Bawang tertinggi di Provinsi Lampung dan secara nasional termasuk baik,” tambahnya.

Sebagai contoh, program “Tulang Bawang Terang” yang berhasil mengaliri listrik di 151 kampung dan 4 kelurahan yang ada.

“Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah membangun jaringan listrik sampai ke pelosok kecamatan dan kampung. Saat ini, masyarakat sekitar tinggal mendaftarkan diri untuk berlangganan ke PLN,” ucapnya.

Winarti berharap, 25 program BMW tersebut dapat terus dijalankan. Sehingga, seluruh warga bisa merasakan manfaatnya.

“Walaupun era pandemi ini entah kapan berakhir, fokus pembangunan infrastruktur terus kita lakukan,” kata Winarti.

Pada 2021, Pemkab Tulang Bawang fokus membangun dan meningkatkan kualitas Jalan Ronggolawe, Tugu Kuning, hingga pintu gerbang Kecamatan Rawa Pitu. Pintu gerbang itulah yang menjadi akses perekonomian sebagian warga di beberapa kecamatan.

“Semoga pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin bagus apabila ini (pembangunan) sudah selesai dilaksanakan,” harapnya.

Adapun dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-24 Tulang Bawang tersebut, Winarti dan sejumlah pejabat teras juga melaksanakan beberapa rangkaian acara, seperti melakukan ziarah, tabur bunga di Makam Pahlawan, dan rapat paripurna DPRD.

Selain itu, pemberian tali asih, zikir, doa bersama, dan pemotongan tumpeng di ruang rapat utama sekretariat daerah juga menjadi bagian dari acara tersebut.

PenulisImalay Naomi Lasono
EditorYohanes Enggar Harususilo
Terkini Lainnya