Bangun Jalan Sepanjang 33,4 Km, Bupati Tulang Bawang: Demi Kesejahteraan Masyarakat

Inang Jalaludin Shofihara
Kompas.com - Selasa, 23 Februari 2021
Bupati Kabupaten Tulang Bawang, Winarti meninjau preservasi pembangunan di Tugu BMW Simpang Penawar, Senin (22/2/2021).DOK. Humas Pemkab Tulang Bawang Bupati Kabupaten Tulang Bawang, Winarti meninjau preservasi pembangunan di Tugu BMW Simpang Penawar, Senin (22/2/2021).

KOMPAS.com – Bupati Tulang Bawang Winarti mengatakan, pihaknya tengah memantau pembangunan jalan nasional yang membentang sejauh 33,4 kilometer (km) di Simpang Penawar, Kabupaten Tulang Bawang. Pembangunan jalan ini direncanakan terealisasi pada 2021.

Winarti mengatakan, pelaksanaan pembangunan infrastruktur dimaksudkan sebagai sarana untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa di Kabupaten Tulang Bawang.

“Pembangunan ini juga untuk meningkatkan kinerja sistem logistik Nasional di Wilayah Sumatera bagian selatan pada khususnya, dan wilayah lintas sumatera pada umumnya,” ungkapnya.

Dia mengatakan itu saat meninjau preservasi pembangunan jalan guna mempercepat realisasi proyek nasional senilai Rp 184 miliar tersebut di Tugu BMW Simpang Penawar, Tulang Bawang, Lampung, Senin (22/2/2021).

"Pembangunan ini juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penyediaan jaringan jalan yang handal terpadu dan berkelanjutan," imbuhnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Berkat Optimasi Lahan Rawa, Lahan Pertanian di Tulang Bawang Minim Banjir

Dalam peninjauan tersebut, Winarti didampingi sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan pejabat pratama di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang.

"Akhirnya, jalan nasional ini terealisasi setelah Presiden Joko Widodo berencana melaksanakan pembangunan jalan nasional tersebut," katanya.

Winarti mengatakan, jalan nasional itu diperbaiki berkat dukungan pemerintah pusat terhadap Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur.

"Sementara yang akan dibangun sepanjang 33,4 km mulai dari Tugu BMW Simpang Penawar sampai ke Gedong Aji Baru. Untuk besar anggarannya mencapai Rp 184 miliar," kata Winarti.

Winarti menambahkan, sebenarnya rencana pembangunan jalan nasional di Tulang Bawang ditargetkan mencapai 64 km sampai Kecamatan Rawa Jitu.

Namun, untuk tahap selanjutnya, yakni mulai dari Tanjakan Gunung Tiga, Kecamatan Gedong Aji Baru sampai Jalan Rawa Jitu akan dilaksanakan pada 2022 mendatang.

Baca juga: Lima Tahun, Pemerintah Bakal Bangun Jalan Nasional 3.000 Kilometer

"Preservasi jalan Simpang penawar-Gedong Aji Baru-Rawa Jitu merupakan prioritas nasional dalam rangka mendukung konektivitas di nasional provinsi Lampung," ujarnya.

PenulisInang Jalaludin Shofihara
EditorAmalia Purnama Sari
Terkini Lainnya