Manfaatkan Teknologi Digital, Pemkab Bekasi Raih Penghargaan AJEG Jabar 2022

Kompas.com - 20/12/2022, 12:39 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berhasil kembali menerima penghargaan pada kategori terbaik II dalam Implementasi Digitalisasi Pemerintah Terbaik pada Apresiasi Jawara Ekonomi Digital (AJEG) Jawa Barat 2022. Dok. Humas Pemkab Bekasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berhasil kembali menerima penghargaan pada kategori terbaik II dalam Implementasi Digitalisasi Pemerintah Terbaik pada Apresiasi Jawara Ekonomi Digital (AJEG) Jawa Barat 2022.

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) dengan menerima penghargaan pada kategori Terbaik II Implementasi Digitalisasi Pemerintah Terbaik pada Apresiasi Jawara Ekonomi Digital ( AJEG) Jawa Barat 2022.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, penghargaan AJEG merupakan bentuk apresiasi dari Bank Indonesia (BI) kepada pemerintah daerah (pemda) yang berhasil melakukan inovasi.

Pemkab Bekasi berhasil mendapatkan kembali penghargaan AJEG tersebut atas kinerjanya dalam melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital dan mendorong perluasan ekosistem ekonomi digital di masyarakat serta berhasil mengendalikan inflasi,” ungkap Dani dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Pemkab Bekasi Izinkan Acara Konser Musik pada Malam Tahun Baru

Hal itu disampaikan oleh Doni Ramdan usai menerima penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dalam kegiatan West Java Annual Meeting dan Komunikasi Pembangunan Daerah (Kopdar) Tahun 2022 di Intercontinental Hotel Dago Pakar Bandung, Senin (19/12/2022).

Dani menjelaskan, pihaknya terus mendorong agar setiap dinas membuat SuperApp, yakni aplikasi untuk mempermudah pelayanan publik dalam satu transaksi, baik yang sifatnya informasi maupun perizinan.

“Sesuai dengan arahan dari Pak Gubernur Jabar, Pemkab Bekasi terus berupaya dan mendorong tiap dinas untuk membuat layanan publik tersebut dalam satu bentuk transaksi melalui sebuah SuperApp,” ujar Dani.

Menanggapi hal tersebut, kata Dani, aplikasi tersebut sedang dalam tahap penyusunan. Sayangnya, dalam prosesnya masih menghadapi beberapa kendala terkait sumber daya manusia (SDM) yang mampu menyusun dan membangun sistematis aplikasi tersebut.

Baca juga: Lewat Sinergi TJSLP, Pemkab Bekasi Optimalkan Pembangunan Daerah

“Dalam prosesnya kami menemukan kendala dalam menyusun sistematis tersebut. Apabila memungkinkan akan dipenuhi SDM dari aparatur sipil negara (ASN) maupun honorer di pemerintah daerah. Kalau tidak sesuai akan merekrut non-ASN yang mempunyai kompetensi di bidang tersebut,” kata Dani.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyampaikan ucapan selamat kepada kabupaten atau kota yang berhasil mendapatkan penghargaan.

Untuk ke depannya, Ridwan berharap semua kabupaten atau kota di Jabar bisa melakukan digitalisasi melalui aplikasi yang terintegrasi untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya butuh komitmen dari para kepala daerah untuk mengintegrasikan semuanya. Pemerintah juga harus bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat,” ujar Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut menitipkan pesan kepada para kepala daerah agar membuat rencana pengendalian inflasi dalam menghadapi tahun 2023.

“Untuk inflasi yang akan dihadapi pada 2023, saya meminta untuk menerapkan 4K, yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” kata Kang Emil.

Terkini Lainnya
Manfaatkan Teknologi Digital, Pemkab Bekasi Raih Penghargaan AJEG Jabar 2022
Manfaatkan Teknologi Digital, Pemkab Bekasi Raih Penghargaan AJEG Jabar 2022
Kabupaten Bekasi Makin Berani
Lewat Sinergi TJSLP, Pemkab Bekasi Optimalkan Pembangunan Daerah
Lewat Sinergi TJSLP, Pemkab Bekasi Optimalkan Pembangunan Daerah
Kabupaten Bekasi Makin Berani
Jelang Nataru, PJ Bupati Bekasi Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Pengamanan
Jelang Nataru, PJ Bupati Bekasi Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Pengamanan
Kabupaten Bekasi Makin Berani
Bagikan artikel ini melalui
Oke