Bupati Dharmasraya Berharap MTQ Lahirkan Generasi Muda Berakhlak Mulia

Dwi Nur Hayati
Kompas.com - Selasa, 16 November 2021
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat melepas kafilah menuju MTQ ke 39 Tingkat Sumbar beberapa waktu yang lalu. 
DOK. Humas Pemkab Dharmasraya Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat melepas kafilah menuju MTQ ke 39 Tingkat Sumbar beberapa waktu yang lalu.

KOMPAS.com – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan berharap Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dapat melahirkan generasi muda Qurani dan berakhlak mulia.

Generasi berakhlak mulia yang dimaksud adalah dengan menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an.

Oleh karenanya, kata Sutan, Al-Qur'an harus dijadikan sebagai pedoman dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berakhlak.

"Sehingga generasi muda yang menjadi ujung tombak kemajuan dan pembangunan bangsa ini memiliki pondasi yang kuat," imbuhnya seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Tutup Gelaran MTQ Nasional, Wapres Harap Lahir Generasi Emas yang Hatinya Terikat Al-Quran

Pernyataan tersebut disampaikan Sutan sebagai dukungan kepada 60 kafilah dari Kabupaten Dharmasraya dalam mengikuti MTQ ke-39 Tingkat Sumatera Barat ( Sumbar) yang digelar di Kota Padang Panjang pada Jumat (12/11/2021) hingga Jumat (19 /11/2021).

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kabupaten Dharmasraya ini juga mengaku, pihaknya telah menyiapkan sejumlah bonus untuk kafilah berprestasi di MTQ Sumbar 2021.

“Terdapat tiga hadiah yang akan diberikan Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Dharmasraya untuk kafilah berprestasi yaitu, juara satu mendapatkan uang senilai Rp 25 juta, juara dua Rp 20 juta, dan juara tiga senilai Rp 15 juta,” imbuh Sutan.

Oleh karenanya, ia meminta kepada para kafilah agar menunjukkan kemampuan terbaiknya di MTQ ke-39 Tingkat Sumbar 2021 sehingga bisa mengharumkan nama Kabupaten Dharmasraya.

Baca juga: Bupati Sutan Optimistis Target Vaksinasi di Dharmasraya Segera Terpenuhi

Untuk diketahui, kontingen Dharmasraya dalam MTQ Sumbar berjumlah 102 orang. Terdiri dari 60 orang peserta, 20 orang pelatih, 20 orang official pendamping dan dua orang tenaga kesehatan (nakes).

"Kami juga berterima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pelatih dan seluruh panitia pelaksana yang bekerja tanpa kenal lelah dalam mempersiapkan MTQ ini," ujar Sutan.

PenulisDwi Nur Hayati
EditorAmalia Purnama Sari
Terkini Lainnya