Resmi Jabat Wagub Jatim, Emil Dardak akan Bawa Trenggalek Terdepan di Selatan Jawa

Kompas.com - Sabtu, 16 Februari 2019
Resmi Jabat Wagub Jatim, Emil Dardak akan Bawa Trenggalek Terdepan di Selatan JawaDok. Humas Pemerintah Kebupaten TrenggalekWakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak Elestianto, saat acara pelepasan dirinya sebagai Bupati Trenggalek di pintu gerbang Pendopo Kabupaten Trenggalek, Jumat (15/02/2019).

KOMPAS.com -  Wakil Bupati Trenggalek Mochmmad Nur Arifin mengatakan, meski sekarang Emil Dardak Elestianto sudah menjadi Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim), tetapi ini bukanlah akhir segalanya bagi Trenggalek.

“Dengan Emil menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur malah bisa sebagai salah satu sarana untuk mewujudkan cita-cita besar Trenggalek menjadi kota terdepan di Pesisir Selatan Jawa,” kata Mochmmad Nur Arifin di acara pelepasan Emil Dardak sebagai Bupati Trenggalek di pintu gerbang Pendopo Kabupaten Trenggalek, Jumat (15/02/2019).

Sementara itu, Emil Dardak mengatakan bahwa cita-cita tersebut bukanlah mimpi. Ia kemudian mencontohkan tentang pembangunan pelabuhan perintis niaga di kawasan Teluk Prigi, Trenggalek. 

Kehadiran pelabuhan tersebut nantinya akan menjadi spesial bagi Trenggalek dan Jawa Timur, karena di Indonesia hanya ada dua pelabuhan niaga di Pesisir Selatan Jawa.

Tak hanya itu, menurut Emil Dardak, dengan Jalur Lintas Selatan, Trenggalek nantinya juga akan menghubungkan Kabupaten Pacitan dan Tulungagung.

Bahkan setelah Jalur di Lintas Selatan Jawa itu tersambung, kata Emil, Trenggalek akan menjadi kota penghubung antara Yogyakarta dan Malang.

"Sekarang tinggal kita bagaimana memanfaatkan peluang tersebut," ucap dia seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Sabtu (16/2/2019).

Di sisi lain Mochmmad Nur Arifin yang sebentar lagi dilantik jadi Bupati Trenggalek mengatakan, pembangunan di kabupaten ini nanti tidak mungkin dapat terwujud tanpa dukungan dari banyak pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Untuk itu, ia menuturkan, pemerintah dan seluruh masyarakat Trenggalek harus bangga kepada Emil Dardak, karena memiliki Wagub Jatim dari warga Trenggalek. Nur Arifin juga menganalogikan bahwa Emil Dardak adalah wakil gubernurnya masyarakat Trenggalek.

"Pokoknya pak Emil ini wakil gubernurnya masyarakat Trenggalek. Kapan saja kami akan dengan senang hati  menerima kunjungan. Mudah-mudahan nanti sering ke Trenggalek," ucapnya.

Ia menegaskan pula bahwa pintu PendopoTrenggalek selalu terbuka untuk Wagub Jatim Emil Dardak. Bahkan, Nur Arifin berjanji akan menyediakan kamar khusus di pendopo jika Emil Dardak berkenan berkunjung ke Trenggalek.

“Apabila pak Emil berkunjung ke Trenggalek, pokoknya akan saya sediakan kamar khusus,” ujar Mochammad Nur Arifin

Masyarakat Trenggalek punya potensi besar

Dalam acara pelepasan tersebut, Emil Dardak juga berpesan kepada  warga dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek untuk tidak takut mewujudkan mimpinya.

Menurutnya, masyarakat Trenggalek memiliki potensi besar dalam merealisasikan cita-citanhya. Ia kemudian mencontohkan tentang pengalaman orang tuanya yang dahulu bercita-cita untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung.

“Saat semua orang di Trenggalek waktu itu mengatakan tidak mungkin, tetapi orang tua bisa membuktikannya. Hingga lulus dan meniti karir menjadi wakil menteri pekerjaan umum,” kenang Suami dari Arumi Bashsin ini.

Tak hanya itu, kata Emil, ayahnya Hermanto Dardak, saat itu juga menjadi satu orang yang didapuk sebagai pelaksana pembangunan jalan terbaik di dunia. Ini menandakan bahwa apapun bisa dilakukan oleh masyarakat Trenggalek.

"Tidak ada yang tidak mungkin, semua itu mungkin terjadi,"  ungkap Emil Dardak dalam sambutannya. (KONTRIBUTOR TRENGGALEK/ SLAMET WIDODO) 

EditorMikhael Gewati