Wagub Andi Tegaskan Pemprov Sulsel Beri Perhatian ke Kepulauan Selanyar

Kompas.com - 02/12/2019, 06:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kepulauan Selayar yang ke-414, di Pulau Jampea Kabupaten Selayar, Jumat (20/11/2019).DOK. HUMAS Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kepulauan Selayar yang ke-414, di Pulau Jampea Kabupaten Selayar, Jumat (20/11/2019).


KOMPAS.com – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan terus memberikan perhatian kepada Kepulauan Selayar setelah berhasil meresmikan 1000 pelanggan listrik.

Hal tersebut dia katakan saat meresmikan penyalaan listrik 1000 pelanggan PLN dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kepulauan Selayar yang ke-414, di Pulau Jampea Kabupaten Selayar, Jumat (20/11/2019).

"Kami akan senantiasa memberikan perhatian dan pelayanan untuk masyarakat pulau-pulau lainnya, meski itu bertahap melalui pelayanan dasar," ucap Andi seperti keterangan tertulisnya.

Diketahui pemasangan listrik di Pulau Jampea terdiri dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pasimasunggu dan Kecamatan Pasimasunggu Timur.

Pemasangan dilakukan oleh PT PLN Persero Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar dengan mendatangkan mesin PLN berkekuatan 1 megawatt.

Baca juga: HUT ke-414 Kepulauan Selayar, Listrik Mengalir di Pulau Jampea

Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli menambahkan, dua kecamatan yang sudah terlayani ini merupakan rencana dari total lima kecamatan yang akan dibangung jaringan listrik PLN.

Tiga kecamatan sisanya saat ini masih pada tahap rencana pembebasan lahan.

"Ada 10 desa lainnya pada wilayah kecamatan kepulauan belum masuk pada perencanaan ini, karena wilayahnya terpisah dengan daratan ibu kota kecamatan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Basli pun berharap dukungan dari Pemerintah Pusat maupun Pemprov Susel, dan anggota legislatif terkait beberapa kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang sifatnya mendesak.

Sementara itu, Camat Pasimasungu Timur Awil Taiyeb menyampaikan syukur dan terima kasih kepada Pemerinah Kabupaten Kepulauan Selayar yang telah memenuhi kebutuhan energi listrik di wilayahnya.

Baca juga: Bupati Kepulauan Selayar Paparkan Upaya Kembangkan Wilayahnya

"Alhamdulillah kami masyarakat Pasimasunggu Timur akan hidup lebih layak dibanding tahun-tahun sebelumnya, mengingat sejak Indonesia merdeka baru kali ini kami merasakan energi listrik di pulau dari PLN,” tutur Awil.

"Saya turut mendoakan pemimpin-pemimpin di atasnya agar diberikan kesehatan dan umur panjang," tambah Awil yang langsung diikuti gemuruh tepuk tangan dari masyarakat setempat melalui video conference.

Diberitakan, masyarakat Kecamatan Pasimasunggu Timur menyaksikan perayaan HUT Pulau Selayar di Lapangan Pemuda Benteng Selayar melalui video conference di Aula Kantor Kecamatan Pasimasunggu Timur.

Baca juga: Menjejak Surga Tersembunyi di Utara Surabaya, Noko Selayar

Bagikan artikel ini melalui
Oke