Bupati Kepulauan Selayar Paparkan Upaya Kembangkan Wilayahnya

Kompas.com - 01/12/2019, 18:12 WIB
Sheila Respati

Penulis

Bupati Kepulauan Selayar pada upacara peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar ke-414, Jumat (29/11/2019). dok. Humas Kabupaten Kepulauan Selayar Bupati Kepulauan Selayar pada upacara peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar ke-414, Jumat (29/11/2019).

KOMPAS.com - Kepulauan Selayar berdasarkan letak geografisnya merupakan satu-satunya kabupaten yang seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi. Kondisi tersebut menciptakan tantangan dan peluang tersendiri dalam mengembangkannya.

Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali, pada momen peringatan hari jadi ke-414 Kepulauan Selayar, Jumat (29/11/2019) lalu memaparkan sejumlah upaya yang telah ia lakukan untuk mengembangkan kabupaten tersebut.

“Standar pelayanan, dalam arti penyediaan infrastruktur dasar, perhubungan dan transportasi, penyediaan energi listrik, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian harus merata. Standarnya harus sama dengan yang diterima masyarakat di wilayah daratan Pulau Selayar,” ujarnya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (1/12/2019).

Upaya pembangunan dan sejumlah terobosan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar membuahkan hasil manis. Perkembangan terjadi di berbagai sektor di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Baca juga: Cerita Bupati Kepulauan Selayar yang Terkejut Lihat Data BPS

Oleh sebab itu Pemkab Kepulauan Selayar pun telah memperoleh apresiasi dari pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan berbagai lembaga.

Komitmen dan keseriusan Bupati Kabupaten Selayar Basli Ali dalam menyelenggarakan pemerintahan dan membangun wilayahnya pun diganjar dengan sejumlah penghargaan.

Sepanjang empat tahun memimpin bersama Wakil Bupati Kepulauan Selayar Zainuddin sudah ada 33 penghargaan yang diraih oleh Basli Ali.

Namun, menurut Basli, ke depannya kebutuhan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Selayar akan terus meningkat. Upaya dalam merealisasikan berbagai agenda dan program strategis juga harus berjalan secara simultan.

Oleh sebab itu, pada momen peringatan hari jadi Kepulauan Selayar Basli Ali pun mengajak seluruh tokoh masyarakat untuk bersama-sama membangun kabupaten tersebut.

Baca juga: Menteri Susi Puji Potensi Kelautan Kabupaten Kepulauan Selayar

“Baik yang di rantau, maupun yang tinggal di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, mari kita bermuhasabah, merekonstruksi mana hal-hal yang perlu dipertahankan dan mana yang perlu diperbaiki. Mari bergandengan tangan dalam harmoni yang seirama dan saling menguatkan satu sama lain karena kebersamaan adalah kekuatan kita,” ujarnya.

Peringatan hari jadi Kepulauan Selayar ke-414 diselenggarakan di Lapangan Pemuda Benteng Selayar. Upacara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional.

Beberapa di antaranya anggota DPR RI Muhammad Rapsel Ali, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Abdul Kadir Damanik, Tanri Abeng, Sekda Selayar Marjani Sultan, Pimpinan Pondok Pesantren Babussalam KH Muchtar Adam, para mantan Bupati dan Wabup sekabupaten Kepulauan Selayar.

 

Bagikan artikel ini melalui
Oke