HUT ke-414 Kepulauan Selayar, Listrik Mengalir di Pulau Jampea

Kompas.com - 01/12/2019, 18:12 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Sheila Respati

Tim Redaksi

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam Peringatan Hari Jadi ke-414 Selayar, Jumat (29/11/2019)Humas Pemprov Sulawesi Selatan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam Peringatan Hari Jadi ke-414 Selayar, Jumat (29/11/2019)

KOMPAS.com-Peringatan Hari Jadi ke-414 Selayar pada tahun ini sangat berbeda. Pasalnya, momentum puncak peringatan Hari Jadi Selayar, Jumat (29/11/2019) dilakukan juga penyalaan listrik 1.000 pelanggan PLN di Pulau Jampea, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pulau yang berada di Sulawesi Selatan ini terdiri dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pasimasunggu dan Kecamatan Pasimasunggu Timur. Sebelumnya aliran listrik belum sampai ke pulau tersebut.

Pada peringatan HUT Kabupaten Kepulauan Selayar, PT PLN Persero UIW Sulselrabar mendatangkan mesin PLN berkekuatan 1 megawatt untuk masyarakat Pulau Jampea.

Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali mengatakan bahwa dari lima kecamatan di kepulauan tersebut, jaringan listrik PLN kini sudah mengalir di dua kecamatan.  Sementara tiga kecamatan lainnya sedang tahap rencana pembebasan lahan.

Baca juga: Pantau Sistem Kelistrikan di Seluruh Indonesia, PLN Bangun P2IS


"Ada 10 desa lainnya pada wilayah kecamatan kepulauan belum masuk pada perencanaan ini, karena wilayahnya terpisah dengan daratan ibu kota kecamatan," ungkap Basli Ali dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Melalui video conference, Camat Pasimasunggu Timur Awil Taiyeb beserta warganya mengucapkan rasay syukur dan terima kasih karena Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar tidak pernah berhenti memperjuangkan untuk memenuhi energi listrik untuk masyarakatnya.

"Alhamdulillah kami masyarakat Pasimasunggu Timur akan hidup lebih layak dibanding tahun-tahun sebelumnya, mengingat sejak Indonesia merdeka baru kali ini kami merasakan energi listrik di pulau dari PLN. Kami doakan pemimpin-pemimpin kami di atas diberikan kesehatan dan umur panjang," ujar Awil Taiyeb.

Baca juga: Sulawesi Selatan Targetkan 2021 Jadi Lumbung Daging Nasional

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman hadir menyapa warga Pasimasunggu Timur yang juga didampingi oleh GM PT PLN UIW Sulselrabar Ismail Deu Andi mengatakan bahwa perhatian Pemprov Sulsel bersama Pemda Kepulauan Selayar dan PLN sangat luar biasa untuk masyarakat pulau.

"Kami akan senantiasa memberikan perhatian dan pelayanan untuk masyarakat pulau-pulau lainnya, meski itu bertahap melalui pelayanan dasar," ucap Andi Sudirman.

Bagikan artikel ini melalui
Oke