Peserta Wonderful Sail to Indonesia Terkesan dengan Keindahan Selayar

Mico Desrianto
Kompas.com - Kamis, 5 September 2019
Peserta Wonderful Sail to Indonesia Terkesan dengan Keindahan Selayardok. Humas Kabupaten Kepulauan SelayarPeserta Wonderful Sail to Indonesia memamerkan hadiah dari Pemerintah Kabupaten Selayar

KOMPAS.com - Sebanyak 17 kapal layar yang berisi 34 turis mancanegara berlabuh ke Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Kedatangan mereka bukan tanpa alasan, 34 turis itu tergabung dalam event International Yacht Rally bertajuk Wonderful Sail to Indonesia.

Sebagai informasi, kegiatan ini digelar oleh Kementerian Pariwisata dengan mengajak para turis mengekplorasi keindahan laut Indonesia.

Adapun dari 20 kabupaten dan kota Indonesia yang dituju, Selayar menjadi salah satunya. Para turis tersebut berkesempatan menjelajah keindahan alam di sini dari tanggal 1 hingga 4 September 2019 lalu.

Baca juga: Menteri Susi Puji Potensi Kelautan Kabupaten Kepulauan Selayar

Salah seorang peserta berkebangsaan Skotlandia, Stuart dan Anne Letton, mengaku terkesan dengan keramahan warga Selayar.

Menurutnya, selama keliling dunia, baru di sini keduanya merasakan sambutan yang hangat.

"Kami senang atas kebaikan pemerintah dan masyarakat Kepulauan Selayar," ucap Stuart sesuai keterangan rilis yang Kompas.com terima, Kamis (5/9/2019).

Peserta lainnya bernama Add, wisatawan asal Amerika, mengatakan dirinya takjub dengan keindahan bahari Selayar.

Baca juga: Pariwisata Kepulauan Selayar di antara Harapan dan Tantangan

“Selayar ini begitu indah dan cantik," ujar Add.

Kedatangan para peserta ini disambut secara resmi oleh Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali dengan menyediakan ragam kegiatan menarik.

Antara lain mengajak para peserta melihat kearifan lokal pembuatan kerajinan parang dan kue tradisional di Dusun Sariahang, Desa Bungaia.

Lalu melakukan kunjungan ke Pantai Punagaan, bersih pantai dan lepas tukik di Kampung Penyu, melihat wisata budaya di Kampung Tua Bitombang, Gong Nekara di Matallang, Jangkar di Padang, dan terakhir menikmati sunset di Hutan Mangrove Matalalang.

"Kesempatan ini kami manfaatkan untuk memperkenalkan segala potensi daerah, dan tentu saja kami berharap mereka dapat membantu mempromosikan obyek-obyek wisata yang ada di sini," jelas Bupati Kepulauan Selayar.

PenulisMico Desrianto
EditorMikhael Gewati
Terkini Lainnya