Berpotensi Besar, PT Semen Indonesia Dukung Pengembangan Kepulauan Selayar

Kompas.com - 17/08/2019, 17:31 WIB
Anissa DW,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Galung, Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar, Sabtu (17/8/2019).Dok. Humas Pemkab Kepulauan Selayar Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Galung, Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar, Sabtu (17/8/2019).

KOMPAS.com - Direktur Engineering dan Proyek PT Semen Indonesia Tri Abdisatrijo menilai, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Contohnya, potensi sumber daya alam (SDA) dan pariwisata.

Dari sisi sumber daya alam, menurut Tri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar dapat mengembangkan sektor perkebunan dan perikanan.

“Pemerintah bisa menggali SDA untuk dikembangkan dengen bekerjasama dengan BUMN atau pihak swasta dalam pengolaan produk maupun pemasaran,” ujar dia seperti keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Sementara itu, dari sisi pariwisata, Tri menilai, Kepulauan Selayar memiliki potensi luar biasa. Dia pun mendorong Pemkab Kepulauan Selayar untuk mengembangkan Penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bidang Pariwisata.

“Selain itu, Selayar ini sudah lumayan bagus dengan adanya penerbangan langsung dari Makassar ke Selayar, Keamanan di daerah ini juga lumayan cukup bagus,” imbuh Tri.

Baca juga: Menteri Susi Puji Potensi Kelautan Kabupaten Kepulauan Selayar

Perlu diketahuiTri sendiri mengatakan itu seusai menjadi Inspektur Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Galung, Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar, Sabtu (17/8/2019), s

Sebagai informasi, upacara HUT ke-74 RI di Kabupaten Kepulauan Selayar itu merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri. Selain upacara, terdapat berbagai kegiatan lain, seperti pasar murah, penyerahan bantuan corporate social responsibility (CSR) senilai Rp 1,725 miliar.

Ada juga lomba panjat pinang, balap karung, pencak silat dan tarik tambang dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke