Bupati Trenggalek Sampaikan Pentingnya Peran DPRD di Forum PBB

Kontributor Trenggalek, Slamet Widodo
Kompas.com - Senin, 17 Oktober 2016
Bupati Trenggalek Sampaikan Pentingnya Peran DPRD di Forum PBBEmil DardakBupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak (Baju Batik) dalam forum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Bogota.

TRENGGALEK,KOMPAS.com - Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak menyampaikan aspirasi pemerintah daerah se-Asia Pasifik dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk daerah UN Advisory Council for Local Authorities (UNACLA) di Bogota, Senin (17/10/2016).

Dalam forum ini Emil menyampaikan bahwa peran Dewan Perwakilan Daerah sangat penting.

Suami artis Arumi Bachsin ini menyebutkan, forum tersebut merupakan wadah untuk menjembatani aspirasi pemerintahan daerah se-Asia Pasifik, dalam pengambilan kebijakan pembangunan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Dalam forum ini, Para perwakilan wilayah di seluruh dunia menyuarakan aspirasinya, agar kebijakan pembangunan yang dirumuskan PBB melibatkan pemerintah daerah sebagai garda depan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat," kata Emil melalui pesan singkat.

Dalam forum tersebut, Emil didaulat berbicara sebagai perwakilan pemerintah daerah wilayah Asia Pasifik, mengingatkan pentingnya keterlibatan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) sebagai unsur yang tidak terpisahkan dalam pembangunan daerah.

"Karena peran dari DPRD ini sangat dibutuhkan dan memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai lembaga kontrol antara pemerintah dan masyarakat,maka kami berupaya agar DPRD tidak dilupakan," kata dia.

“Kami Juga merumuskan, bagaimana pemerintahan daerah sebagai garis terdepan dalam pembangunan wilayah bisa mendorong mobilisasi sumber daya dari masyarakat dalam menciptakan pembangunan yang lebih holistik,” tambahnya.

Selain itu, Bupati Trenggalek yang menjabat sebagai Wakil Presiden Asosiasi Pemerintah Daerah Se-Asia Pasifik (UCLG) ini menegaskan, mengenai pentingnya kerangka pembiayaan melalui lembaga pembiayaan internasional, sebagai upaya akselerasi pencapaian Sustainable Development Goals (SDG).

“Masukan ini disambut baik oleh pimpinan forum, dan Joan Klos menegaskan pula pentingnya mendorong dibukanya ruang berperannya pemerintahan daerah dalam pembangunan wilayah, sebelum terlampau jauh membahas mengenai desentralisasi fiscal,” ucapnya.

PenulisKontributor Trenggalek, Slamet Widodo
EditorErlangga Djumena
Komentar
Terkini Lainnya
Prigifest di Trenggalek Tahun Ini Digelar Lebih Meriah
Prigifest di Trenggalek Tahun Ini Digelar Lebih Meriah
trenggalek
Bupati Trenggalek Tandai Jalan Berlubang dengan Cat Semprot
Bupati Trenggalek Tandai Jalan Berlubang dengan Cat Semprot
trenggalek