Ini... Lima Proyek Keren di Kota Bandung!

Kompas.com - 05/05/2017, 19:16 WIB
KOMPAS.com/Putra Prima Perdana Berada di bawah kolong jalan layang Pasupati, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Taman Film Bandung menjadi yang pertama di Indonesia.

BANDUNG, KOMPAS.com - Kiprah pasangan Ridwan Kamil (Emil) dan Oded M Danial (Mang Oded) memimpin Kota Bandung berawal pada 16 September 2013. Di bawah arahan keduanya, progres pembangunan Kota Bandung kian memperlihatkan perubahan positif.

Bandung pun kini bertransformasi menjadi kota yang banyak menawarkan daya tarik. Inovasi di bidang infrastruktur menjadi salah satu kunci kota ini menjadi kota yang livable atau layak huni dan loveable dicintai.

Dari sekian banyak proyek infrastruktur di Bandung, sedikitnya ada lima perubahan fisik di Bandung yang banyak menyedot perhatian wisatawan. Simak berikut ini:

1. Skywalk Cihampelas

Rehabilitasi area jalur pedestrian merupakan salah satu fokus Pemerintah Kota Bandung dalam menata kota. Tak hanya mempercantik trotoar, Pemkot Bandung pun membuat terobosan baru dengan membuat jembatan bagi pedestrian di atas udara atau lebih beken disebut Skywalk Cihampelas.

Dilihat dari sisi konstruksi, Skywalk Cihampelas memiliki permukaan lantai bertingkat. Jembatan itu memiliki panjang 450 meter, lebar 9 meter, dan mempunyai tinggi 4,6 meter dari permukaan jalan.

Rangkanya menggunakan bahan baja serta beton pada bagian lantai. Alasnya menggunakan kombinasi bahan granit dan kayu.

Selain untuk membuat nyaman para pejalan kaki, Skywalk Cihampelas juga menjadi solusi kreatif penataan pedagang kaki lima (PKL) yang kerap membuat kusut kawasan wisata belanja itu.

Sejumlah kios berwarna-warni pun terpajang di sisi jalan. Ada 197 kios disiapkan untuk menampung para PKL. Untuk memberi kesan hijau, bunga-bunga ditanam mengiringi tiap lekuk jembatan.

Meski berada di atas jalan, pengunjung tidak akan khawatir tersengat terik matahari. Sebab, lokasi ini dipenuhi dengan pepohonan rimbun.

Tak hanya itu. Skywalk Cihampelas juga ramah bagi penyandang disabilitas. Akses bagi kaum difabel disediakan diseluruh area jembatan. Bahkan, Skywalk Cihampelas dilengkapi lift sebagai akses masuk utama mereka.

Proyek yang dkerjakan oleh PT Likatama Graha Mandiri itu pun kini menjadi ikon terbaru di Bandung. Sampai saat ini kunjungan wisatawan tak pernah surut.

KOMPAS. com/DENDI RAMDHANI Bangunan Bandung Creative Hub di Jalan Sukabumi, Bandung yang masih dalam tahap pembangunan.
2. Bandung Creative Hub (BCH)

Pemkot Bandung kembali membuat terobosan anyar dengan membangun Bandung Creative Hub (BCH). Lokasinya berada di Jalan Sukabumi, Bandung.

Proyek tersebut mulai dikerjakan pada Agustus 2016 lalu dan diprediksi selesai akhir tahun ini. Nantinya gedung itu berfungsi sebagai pusat industri kreatif yang bisa diakses oleh para komunitas kreatif kota ini. 

Sesuai namanya, struktur bangunan tersebut berbentuk unik. Mengingat proyek itu memiliki tingkat kesulitan tinggi, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil turun tangan untuk mengawasi langsung proyek tersebut.

"Konstruksinya lebih rumit, bangunannya tidak biasa, isinya tidak biasa. Belum ada di Indonesia. Bentuknya poligon, segi banyak," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, pada 1 Agustus 2016 lalu.

Bangunan lima lantai itu akan dilengkapi perpustakaan, galeri, museum, studio inovasi tiga dimensi, studio fashion, desain museum, desain store, amfiteater, ruang belajar, serta toko yang menampilkan produk kreatif terbaik Bandung.

3. Bandung Command Center (BCC)

Pusat komando dan informasi (Bandung Command Center) menjadi salah satu karya terbaik Kota Bandung di bawah pimpinan Ridwan Kamil dan Oded M Danial yang banyak mendapat respons positif. Lokasinya berada di  Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

Sejak dibangun pada 2015 lalu, BCC menjadi salah satu bangunan paling vital milik Pemkot Bandung. Sebab, di ruangan itu, terdapat peralatan canggih dan didesain mirip di film Star Trek.

Ruangan itu dilengkapi peralatan canggih dengan ratusan software di dalamnya. Perangkat lunak itu merupakan gabungan dari pelayanan publik elektronik dari sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dibuat khusus oleh perusahaan komputer, IBM, serta mahasiswa ITB.

BCC memiliki fungsi utama sebagai pusat untuk memantau tiap sudut Kota Bandung yang terkoneksi dengan kamera pengawas di seluruh kota. Ruangan itu juga berfungsi sebagai tempat masuknya pengaduan publik.

DENDI RAMDHANI/KOMPAS.com Di bawah pimpinan Ridwan Kamil dan Oded M Danial perbaikan penambahan ruang publik (taman) baru semakin masif dilakukan
4. Restorasi Sungai Cikapayang dan Taman Dewi Sartika

Di bawah pimpinan Ridwan Kamil dan Oded M Danial perbaikan penambahan ruang publik (taman) baru semakin masif dilakukan. Salah satunya adalah restorasi Sungai Cikapayang dan rehabilitasi Taman Dewi Sartika yang berlokasi sekawasan dengan Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

Sungai Cikapayang merupakan anak sungai kecil yang jalurnya melintasi area Balai Kota Bandung. Dulu sungai itu tampak kumuh. Pepohonan rimbun di Taman Dewi Sartika misalnya, membuat daerah itu tampak seram.

Melihat ada potensi wisata, Pemkot Bandung melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) mencoba mengubah kesan kumuh tersebut. Air sungai yang keruh diubah menjadi lebih jernih dengan menerapkan teknologi penyaring air.

Sekarang? Sungai itu sudah menjadi tempat favorit anak-anak lantaran tersedianya kolam dangkal untuk arena bermain air.

Area bagi pedestriannya juga dipercantik, lengkap dengan kursi klasik dan tanaman warna-warni. Ridwan Kamil menilai revitalisasi sungai sepanjang 200 meter itu merupakan proyek paling baik.

"Jarang saya pilih-pilih. Dari semua yang pernah saya kerjakan, mungkin ini yang paling benar sesuai jadwal, kontraknya juga transparan, kontraktornya bertanggung jawab, secara desain nurut, detailnya bagus. Mudah-mudahan jadi percontohan," ucap Emil.

Taman itu diresmikan pada 31 Desember 2015 lalu. Sejak itu, lokasi tersebut jadi buruan masyarakat. Bahkan, hingga kini, tempat itu tak pernah sepi pengunjung.

5. Taman Film Cantik

Bentang area persawahan menjadi inspirasi dan ide utama proyek pembangunan Taman Film. Desain Taman Film terinspirasi dari SHAU Rotterdam, sebuah studio arsitektur di Rotterdam, Muenchen, dan Jakarta.

Taman berlokasi tepat di kolong jembatan Pasupati, satu area dengan Taman Jomblo dan sculpture park dan skatepark. Lokasinya juga menjadi jantung ruang publik baru yang didedikasikan untuk warga Bandung.

Taman yang diresmikan pada 2014 lalu itu punya desain unik, yakni berbentuk topografi sawah berteras yang menghadap sebuah layar besar. Taman Film terdiri dari tujuh tingkat yang masing-masing memiliki ukuran berbeda. Fungsinya sebagai tempat duduk. Asyiklah pokoknya...

DENDI RAMDHANI/KONTRIBUTOR BANDUNG

Terkini Lainnya
Ridwan Kamil: Jangan Primitif, Perubahan Tak Hanya Tugas Pemerintah!
Ridwan Kamil: Jangan Primitif, Perubahan Tak Hanya Tugas Pemerintah!
bandung
Penuhi Hak Pejalan Kaki, Bandung Sudah Permak 26 Titik Trotoar
Penuhi Hak Pejalan Kaki, Bandung Sudah Permak 26 Titik Trotoar
bandung
Sampai 2018, Ada Puluhan Proyek Inovatif untuk Warga Bandung
Sampai 2018, Ada Puluhan Proyek Inovatif untuk Warga Bandung
bandung
Ada
Ada "Dinosaurus" di Taman Tegalega Bandung...
bandung
Ridwan Kamil Lobi Pebisnis Asal Swedia untuk Investasi di Bandung
Ridwan Kamil Lobi Pebisnis Asal Swedia untuk Investasi di Bandung
bandung
Tokoh Budaya Nusantara, Penghargaan untuk Ridwan Kamil
Tokoh Budaya Nusantara, Penghargaan untuk Ridwan Kamil
bandung
Pemkot Bandung Berencana Ganti Semua Desain
Pemkot Bandung Berencana Ganti Semua Desain "Zebra Cross"
bandung
Perbanyak Ruang Hijau, Pemkot Bandung Bangun Taman di Tiap RW
Perbanyak Ruang Hijau, Pemkot Bandung Bangun Taman di Tiap RW
bandung
Pemkot Bandung Segera Luncurkan Program
Pemkot Bandung Segera Luncurkan Program "Magrib Mengaji"
bandung
Bagikan artikel ini melalui
Oke